5 Mitos Seputar Gunung Kemukus

Oleh : Timun

[UNIKNYA.COM] Sobat Unik, para pelaku pesugihan memang suka mencari daerah yang wingit atau tempat yang pernah dipakai oleh para petapa bahkan para raja-raja. Tempat tersebut biasanya di puncak gunung, goa-goa, perbukitan, pantai dan lain-lain. Sebuah gunung yang bernama Gunung Kemukus di daerah Solo ini dipercaya sebagai tempat pesugihan. Berikut kami rangkum 5 mitos di Gunung Kemukus ini sebagai berikut :

 

 

1. Awet Muda

 

(sumber : blogspot.com)

ilustrasi (sumber : blogspot.com)

 

Di Gunung Kemukus terdapat sumber mata air di sebelah timur komplek pemakaman. Mata air ini dipercaya bisa membuat awet muda. Mata air ini diberi nama Sendang Ontrowulan dikarenakan mata air ini pernah digunakan oleh Dewi Ontrowulan untuk menyucikan diri.

 

2. Wisata Seks

 

Wisata Seks (sumber :

Wisata Seks (sumber : blogspot.com, wordpress.com)

 

Gunung Kemukus sudah sangat identik dengan wisata seks-nya. Menurut mitos, apabila ingin kekayaan ataupun keinginannya terkabul; si pelaku harus melakukan seks sebanyak 7 kali setiap malam jumat Pon atau Kliwon di sekitar tempat tersebut. Hubungan seksual tersebut boleh dilakukan dengan suami/istri ataupun dengan orang yang ada di tempat ziarah tersebut.

 

3. Pangeran Majapahit

 

(sumber : srinthil.org, blogspot.com)

Ilustrasi (sumber : srinthil.org, blogspot.com)

 

Mitos seputar gunung Kemukus ini berawal dari percintaan seorang pangeran dari Majapahit yang bernama Pangeran Samudro yang mencintai ibunya sendiri yaitu Dewi Ontrowulan. Kemudian skandal tersebut terkuak dan pangeran Samudro diusir dari kerajaan lalu dalam kesedihannya dia berdiam diri di sebuah gunung yang sekarang bernama gunung Kemukus.

 

4. Sumpah

 

Menurut cerita, pangeran Samudro yang berada di gunung Kemukus ini disusul oleh ibunya, Dewi Ontrowulan. Kemudian keduanya melepas kerinduan dan ketika ingin melakukan hubungan intim, penduduk sekitar memergoki mereka. Kemudian penduduk merajam keduanya dan mereka meninggal lalu keduanya dikuburkan dalam satu liang lahat.

 

(sumber : blogspot.com)

Sumpah (sumber : blogspot.com)

 

Namun sebelum Pangeran Samudro meninggal, dia sempat berpesan bahwa kepada siap saja yang melakukan hubungan suami-istri di tempat ini, maka semua permintaannya akan terkabul. Menurut masyarakat, pangeran Samudro berkata “Siapa saja yang meniru perbuatanku, itu akan menebus dosaku dan aku akan membantunya….”.

 

5. Kemukus

 

Menurut versi lain, setelah kerajaan Majapahit runtuh; Pangeran Samudro di bawa ke kerajaan Demak dan belajar Islam, kemudian dia menyebarkan Islam di sebuah gunung  sampai akhir hayatnya. Kemudian setiap musim kemarau ataupun penghujan, di puncak gunung tersebut selalu muncul kabut hitam seperti kukusan, maka kemudian gunung tersebut dinamakan gunung Kemukus.

 

(sumber : solopos.com, blogspot.com)

Gunung Kemukus (sumber : solopos.com, blogspot.com)

 

Dewi Ontrowulan kemudian datang ke Gunung Kemukus setelah mendengar bahwa putranya meninggal. Kemudian Dewi Ontrowulan merebahkan diri di makam Pangeran Samudro, lalu terjadilah percakapan gaib bahwa bila ia ingin bertemu Pangeran Samudro, maka Ontrowulan harus menyucikan diri dahulu di sendang atau mata air  yang berada dekat dengan makam tersebut. Setelah menyucikan diri, Dewi Ontrowulan tiba-tiba menghilang dan tidak diketahui keberadaannya.(**)

 

Sumber : dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Maret 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com