5 Lazzaretto yang Popular di Dunia

Halaman selanjutnya » 1 2 3 4 5

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Wabah penyakit menyebar bersamaan dengan perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain, sehingga untuk mencegah dampak yang lebih luas maka dibangunlah sebuah karantina. Biasanya karantina atau dikenal pula dengan istilah ‘Lazarettos’, ‘Lazerets’ dan ‘lazzaretto’ dibangun di dekat pelabuhan, guna menyaring para migran yang datang melalui pelabuhan. Bagi para pendatang yang sakit, maka merekalah yang harus tinggal pulau karantina. Penyakit kusta, kelamin dan menular lainnya adalah hal yang membahayakan terlebih masih sulit sekali ditemukan obat penawarnya. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 pulau karantina popular di dunia:

 

1. Lazzaretto Vecchio

(sumber:old.uniknya.com,blogspot.com)

Lazzaretto Vecchio(sumber:old.uniknya.com,blogspot.com)

 

Pulau karantina yang satu ini dibangun pada 1423 SM di Laguna Venetia. Lazzaretto Vecchio merupakan pulau karantina pertama yang dibangun untuk merawat dan mengobati orang-orang yang tertular wabah di Eropa. Salah satu wabah yang paling ditakuti saat itu adalah kusta. Di lahan seluas 2,5 Hektar ini telah terjadi berbagai peristiwa yang menyedihkan sekaligus mengerikan. Karena mereka yang masuk ke Vechio tidak dapat keluar lagi meski telah dinyatakan sehat dan mereka yang masih menderita kusta harus tetap berada di dalam karantina meski kematian menjemput mereka.

Berdasarkan catatan, Lazzaretto Vecchio masih beroperasi hingga Abad ke-17. Hingga saat ini tidak ada kepastian berapa banyak jumlah jasad yang ada di Lazzaretto Vecchio. Meski ada estimasi sekitar 500 orang mati setiap harinya di Lazzaretto Vechio. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2004 lalu ditemukan sebanyak 1500 jasad yang terkubur, dan diperkirakan ribuan jasad yang masih belum ditemukan.

Halaman selanjutnya » 1 2 3 4 5

One Response to 5 Lazzaretto yang Popular di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com