Wow! Kebun Dalam Botol Tumbuh Sejak 1960

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Sobat unik, mendapatkan lahan untuk berkebun menjadi hal yang sangat sulit, manusia seolah ingin bergerak menuju jaman modern dan melupakan alam sehingga banyak respon negatif yang diberikan alam atas pola tersebut seperti banjir, lubang ozon dan pemanasan global.

Berbicara tentang lahan berkebun,David Latimer seorang pria berusia 80 tahun ini mungkin bisa memberikan ide yang cukup unik.

Pria asal Amerika ini menciptakan kebun dalam botol yang ditanamnya 53 tahun yang lalu. Uniknya kebun ini tetap hidup dan hanya disiram sekali selama penanamannya yaitu pada tahun 1972 sebelum akhirnya diputuskan untuk disegel sebagai penelitian ekosistem di dalamnya.

 

p42fbwrr copy

David Latimer menciptakan kebun dalam botol yang ditanamnya sejak 1960 (Sumber : dailymail.co.uk, old.uniknya.com)

 

Setelah 41 tahun disegel kebun dalam botol ini tetap hidup dan membentuk ekosistem sendiri dan tetap tumbuh dengan lebat di dalam botol. Untuk menyuburkannya, David meletakkan tanaman itu ditempat yang terjangkau cahaya agar tetap bisa tumbuh dengan merata.

Taman Botol telah menciptakan miniatur ekosistem sendiri. Meskipun terputus dari dunia luar, karena masih menyerap cahaya itu bisa berfotosintesis, proses di mana tanaman mengkonversi sinar matahari menjadi energi yang mereka butuhkan untuk tumbuh. (**)

Sumber : Dailymail.co.uk, old.uniknya.com, Januari 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com