Dunia Weibo – Twitter Ala China yang Mengekang Ekspresi Pengguna

 Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Sobat unik, setelah memblokir situs media sosial seperti Facebook dan Twitter, sejak 2009 lalu pemerintah Cina meluncurkan Weibo sebagai jasa layanan mikroblog terbesar. Dan mereka telah memperkenalkan peraturan yang secara lugas membatasi model pesan yang bisa dipublikasikan.

 

asfaf

Weibo yang memiliki banyak kesamaan dengan Twitter, memiliki aturan yang begitu ketat kepada para penggunanya (Sumber : Mirror.co.uk, old.uniknya.com)

 

Weibo yang memiliki banyak kesamaan dengan Twitter, memiliki aturan yang begitu ketat kepada para penggunanya. Bahkan situs tersebut mengekang ekspresi pengguna dengan mempekerjakan sebanyak 1.000 orang untuk memantau tweet pengguna.

Saking ketatnya, pengguna Weibo harus menunggu selama satu minggu penuh untuk menampilkan pesan yang akan disetujui. Dan setiap harinya, sebanyak 10 juta tweets dihapus karena dianggap melanggar aturan.

Maksud dari aturan tersebut ialah user Weibo tidak dapat sembarangan menyebarkan rumor, informasi yang tidak benar, serangan ke pihak lain, fitnah, menentang prinsip dasar konstitusi China, menyebarkan rahasia negara, mengancam kehormatan pemerintah China, menyebarkan tahayul, protes atas keputusan hukum. Dan bila ditemukan adanya pelanggaran, Akun pengguna akan terancam dihapus.

Perusahaan pemilik Weibo, Sina Corp, mengklaim bahwa aturan-aturan tersebut bukan buatan mereka, melainkan menyesuaikan dengan hukum di China.

Meski begitu, Weibo tetap menjadi situs mikroblog  yang amat populer di Cina dan merupakan salah satu situs yang paling cepat berkembang di dunia… dan Brad Pitt adalah salah satu penggemar terbarunya.

 

ybyves62 copy

Brad Pitt Gemparkan China Melalui Weibo.com (Sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

 

Bintang Hollywood tersebut baru-baru ini turun ke Weibo untuk mengumumkan kunjungannya ke negeri tirai bambu tersebut.

“Aku datang,” tulisnya. “Yup, itulah yang sebenarnya.”

Enam kata tweet-nya itu diteruskan lebih dari 47.000 kali dan dalam waktu satu jam saja Pitt telah memperoleh lebih dari 100.000 pengikut Weibo. Namun, kicauan pertama yang ditulis olehnya pada senin (7/1) langsung memicu kontroversi.

Mengutip Channel News Asia, Brad pernah dicekal oleh Cina setelah membintangi film ‘Seven Years in Tibet’. Lantas, hanya beberapa jam kemudian, pesan itu pun hilang, diduga dihapus oleh aturan ketat yang mengatur situs tersebut. (**)

Sumber : Mirror & BBC, old.uniknya.com, Januari 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com