5 Rumah Berdesain Unik (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Rumah dapat berfungsi sebagai: tempat untuk menikmati kehidupan yang nyaman, tempat untuk beristirahat, tempat berkumpulnya keluarga, dan tempat untuk menunjukkan tingkat sosial dalam masyarakat. Karenanya, tidak sedikit orang, bersusah payah untuk membangun sebuah rumah agar mendapatkan semua impian itu. Berikut adalah 5 rumah  yang memiliki desain yang sangat unik:

 

1. Apartemen Wozoco (Amsterdam-Osdorp, Belanda)

Sebuah undang-undang zonasi dan cetak biru tata kota adalah menjadi inspirasi untuk kompleks apartemen ini. Peraturan perumahan Belanda membutuhkan konstruksi apartemen yang menyediakan asupan cahaya siang hari yang cukup untuk penyewa mereka-tapi arsitek MVRDV lupa untuk merencanakan untuk itu. Solusi mereka? Dengan membuat tiga belas fasad dari 100 unit di blok utara dengan menggantung. Desain cerdas yang menghemat ruang lantai dasar dan memungkinkan sinar matahari yang cukup untuk masuk ke fasad timur atau barat.

 

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Apartemen Wozoco (Amsterdam-Osdorp, Belanda)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

2. The House on Stick

Desain DPR pada konsep Stick-nya terinspirasi oleh billboard jalan raya. Rumahnya memang  agak kecil. Hanya seluas 27 meter persegi (290 meter persegi) dan karena itu tidak dimaksudkan untuk menjadi tempat tinggal keluarga. Dirancang sebagai obyek yang cocok untuk setiap tempat di bumi, misalnya, hutan, laut, danau, pegunungan, padang rumput serta di jalan utama kota.

 

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

The House on Stick(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

3. The Glass House oleh Philip Johnson

The Glass House adalah salah satu rumah dunia yang paling indah dan paling fungsional. Rumah simetris dan berdiri kokoh di tanah, dengan kuartal dinding kaca tebal yang didukung oleh pilar baja hitam. Ruang interior dibagi oleh kabinet rendah walnut dan silinder batu bata yang berisi kamar mandi. Silinder dan lantai bata yang berwarna ungu dipoles. Philip Johnson mengatakan bahwa ketika orang-orang datang ke rumahnya mereka hanya diam dan melihat-lihat. The Glass House sekarang terbuka untuk umum, dengan tur yang harus dipesan berbulan-bulan sebelumnya.

 

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

The Glass House oleh Philip Johnson (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

4. Rumah Hundertwasser  

Hundertwasser, master arsitektur konvensional, kompleks ini dibangun dari 50 apartemen pada 1982-1985. Ini adalah sebuah rumah biasa yang tidak sesuai dengan norma-norma klise biasa dan arsitektur akademis. Rumah ini dianggap sebagai salah satu atraksi paling populer di kota wisata. Dia tidak memiliki garis lurus atau permukaan, benar-benar asymetrical, dengan koridor yang berliku-liku, sudut dibulatkan, tanaman dan pohon.

 

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Rumah Hundertwasser (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

5. Gedung Upside-Down

Gedung Upside-Down diciptakan oleh Daniel Czapiewski di desa Szymbark, Polandia utara, pada tanggal 31 Juli 2007. Ini bukan hanya merupakan obyek wisata yang aneh, tetapi juga dimaksudkan untuk menjadi pernyataan mengenai era komunis. Butuh waktu 114 hari untuk membangun rumah, karena para pekerja yang tidak mengerti oleh sudut yang aneh dari dinding-dindingnya.(**)

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Gedung Upside-Down(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Sumber: uphaa.com, old.uniknya.com, Januari 2013

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com