Kelahiran 17 Januari (Al Capone)

[UNIKNYA.COM] Alphonse Gabriel Capone lahir di New York City, 17 Januari 1899 – meninggal di Miami Beach, 25 Januari 1947 pada umur 48 tahun, secara populer dikenal sebagai Al Capone atau Scarface, adalah seorang Gangster Amerika Serikat yang memimpin sindikat kriminal memiliki dedikasi terhadap penyelundupan dan menjual secara gelap minuman keras dan aktivitas ilegal lainnya selama Era Pelarangan tahun 1920-an dan 1930-an.

 

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Al Capone (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Setelah pekejaannya sebagai pencuri kelas teri, Al Capone bergabung dengan komplotan yang terkenal buruknya yaitu Five Points Gang. Kemudian dia dipekerjakan sebagai tukang pukul di Coney Island Dance Hall and Saloon oleh Frankie Yale Si Tukang Palak. Di sinilah Al Capone menerima bekas luka yang membuat ia mendapat panggilan “Scarface”.

Capone mendalangi pembunuhan yang paling terkenal dalam dunia gang abad ke-20, Pembantaian hari Valentine. Di Chicago, pada tanggal 14 Februari 1929, terjadi peristiwa penembakan tujuh anggota gangster mafia Bugs Moran secara kejam.

Kejadian itu langsung dihubungkan dengan Capone dan para pengikutnya terutama Murray the Hump dan Jack “Machine Gun” McGurn tapi tidak seorang pun pernah didakwa atas peristiwa tersebut.

Akhir dari sepak terjang Al Capone sendiri bukan pembunuhan, penganiayaan, perampokan, pencurian ataupun penyuapan; namun karena kasus penyelundupannya Al Capone ditangkap saat menyelundupkan minuman keras oleh agen FBI yang bernama Eliot Ness, yang sudah mengincar Al Capone sejak lama. Kasus itulah yang akhirnya menjadi pintu bagi para penegak hukum di AS untuk mengadilinya secara berlapis di meja hijau.

Al Capone akhirnya meninggal karena sakit setelah melewati hari-harinya selama 11 tahun di penjara dan rumah sakit.

Sumber : Wikipedia.org, old.uniknya.com, Januari 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com