5 Ulat Beracun yang Lucu (Bagian I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]:

Sobat unik tentu ada yang merasa geli atau bahkan takut ketika melihat kehadiran ulat, tentu saja ada alasan khusus dibalik ketakutan tersebut. Ulat sebagai salah satu fase metamorfosis kupu-kupu, merupakan mahluk yang rakus, ia gemar sekali melahap dedaunan yang dilaluinya. Penampilannya pun beragam, ada yang lucu namun banyak pula yang menyeramkan. Dan tahukah ada beberapa ulat yang berbahaya bagi hewan dan manusia? Berikut old.uniknya.com merangkum 5 luat beracun yang lucu:

 

1. Bag Shelter Caterpillar

 

Bag shelter caterpiller merupakan salah satu ulat yang tubuhnya ditumbuhi rambut, ia adalah salah satu yang berbahaya dan tidak seharusnya disentuh. Ketika masih menjadi larva, ia hidup di dalam sebuah kepompong yang terbuat dari sutra. Ulat bag shelter ini aktif di malam hari, ia sangat menyukai pepohonan beefwood (Grevillea striata) –tanaman yang berasal dari daratan Australia Barat. Ulat selalu terlihat berjalan beriringan dan berkelompok, sehinga terlihat seperti gumpalan rambut manusia yang menempel di atas pohon.

 

(sumber : blogspot.com)

(sumber : blogspot.com)

 

Tapi sobat unik, ulat bag shelter ini sangat berbahaya karena memiliki racun terutama jenis yang terdapat di Brasil bagian selatan dan Venezuela. Bahkan di kawasan negara Amerika Latin tersebut, keberadaan ulat ini sangat diperhatikan, karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan masyarakat secara luas. Racun bag shelter mengadung anti-coagulant, sehingga jika ia disentuh maka bulunya akan menyengat dan menyuntikan racun tersebut. Akibatnya darah orang yang menyentuhnya membeku dan menggumpal sehingga menyumbat peredaran darah ke jantung. Atau bahkan orang tersebut akan mengalami pendarahan di beberapa bagian tubuhnya.

 

2. Saddleback Caterpillar

 

Saddleback-Caterpillar

(sumber : blogspot.com)

 

Ulat yang satu ini dikenal dengan nama Saddleback caterpillar, namun jangan terkecoh oleh penampilannya yang unik karena ia berbahaya.  Tubuhnya ditumbuh oleh duri yang tajam dan keras, di situlah saddleback menyimpan racunnya. Perilaku saddleback ini sangat angresif dan ketika seseorang secara tak sengaja menyentuhnya maka ia akan menyengatkan duri dan menyuntikan racunnya. Sengatannya tersebut akan menyebabkan bengkak-bengkak di bagian tubuh yag disengat. Mual-mual bahkan menimbulkan bentol-bentol yang baru akan hilang setelah beberapa hari. Nah sobat unik harus tahu tempat favorit untuk dapat menghindarinya. Ia suka sekali berada di atas pohon hibiscus (Bunga Sepatu) dan pohon jenis palem, jadi jika menemukan pepohonan tersebut sebaiknya hati-hatinya.

 

3. Puss Caterpillar

 

(sumber : blogspot.com)

(sumber : blogspot.com)

 

Ulat Puss atau ulat bulu yang satu ini pun tidak kalah berbahayanya dengan bag shelter caterpillar, di Amerika Serikat ia adalah ulat yang sangat ditakuti. Cara menyerang dan bertahannya sangat unik, yakni dengan menyemprotkan cairan asam yang mengandung racun. Reaksi racunnya sangat ekstreme jika terkena kulit manusia. Di Amerika Serikat, masyrakat sering keliru dan tak sengaja menyentuhnya karena penampilnnya yang hampir sama dengan bola sutra. Ulat seram ini senang sekali berada di pepohonan sitrus, elm, oak dan beberapa tanaman kebun lainnya.

 

4. Cinnibar Moth Caterpillar

 

Cinnibar-Moth-Caterpillar

(sumber : blogspot.com)

 

Sobat Unik tentu pernah mendengar ungkapan para ahli biologi, peneliti satwa liar, bahwa warna adalah pesan, sehingga kita tidak boleh sembarangan mendekatinya. Seperti yang dimiliki oleh Cinniba Moth, ulat yang memiliki warna kuning dan polet hitam ini sepintas adalah mahluk yang lucu. Dengan tubuhnya yang ditumbuhi oleh rambut pendek, namun jangan coba-coba untuk menyentuhnya karena mengandung racun yang dapat mengiritasi kulit. Selain itu racunnya yang menjalar melalui kulit berbahaya bagi penderita penderita asma, osteochondritis, gagal ginjal, dermatitis dan haemorrage, jadi sebaiknya berhati-hati.

 

5. Stinging Rose Caterpillar

 

(sumber : blogspot.com)

(sumber : blogspot.com)

Ulat berpenampilan mencolok ini tak kalah berbahayanya bagi manusia. Dengan sepasang tanduk, bulu duri yang hampir menutupi seluruh tubuhnya, kehadirannya mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya. Meskipun ia menyengat namun dampaknya tidak seperti Cinnibar, ia hanya meninggalkan rasa sakit dan bengkak yang tidak terlalu lama. Stngn roses gemar sekali berada di pohon apel, oak, sycamore, dogwood dan tanaman kebun lainnya.(**)

 

 Sumber: environmentalgraffiti.com, old.uniknya.com, Januari 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com