5 Danau Paling Berbahaya (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi, dan olahraga. Namun jangan bayangkan, Anda dapat melakukan semua aktifitas menyenangkan tersebut di danau-danau berikut. Pasalnya, danau di bawah ini mendapat predikat danau paling berbahaya.

 

1. Danau Kawah Gunung Rainier, Washington

Danau kawah Gunung Rainier, adalah danau kawah tertinggi di Amerika Utara, terletak di bawah es di kawah puncak barat dan hanya dapat dicapai dengan mengikuti jaringan gua es di kawah. Air di danau kawah menciptakan asam sulfat (sulfur dioksida dikombinasikan dengan air) yang mengalir ke dalam batu vulkanik Gunung Rainier. Jika batu itu runtuh di daerah manapun, hal itu akan menyebabkan bubur lumpur, batu dan es, atau disebut “lahar,” yang dapat mematikan karena energi dan kecepatan, menyebabkan kerusakan bencana di jalur mereka. Runtuhnya batu juga akan menghantam danau kawah, dan air di dalamnya. Gunung Rainier dan danau kawahnya dianggap sebagai ancaman serius bagi orang-orang di Seattle, yang terletak hanya 87 km jauhnya dari gunung.

 

(Sumber:wordpress.com)

Danau Kawah Gunung Rainier, Washington (Sumber:wordpress.com)

 

2. Danau Mono, California, USA

Danau Mono, Mono terletak di County, California, adalah sebuah danau garam kuno yang menyimpan ekosistem yang unik dan produktif. Tidak ada ikan di danau ini – yang ada hanyalah rumah bagi triliunan udang air garam dan lalat alkali. Sampai tahun 1940-an, danau ini menakjubkan, namun selama periode 1941-1990, jumlah berlebihan air dari sungai Mono Basin dialihkan ke Los Angeles untuk menyediakan kebutuhan air bagi kota. Akibatnya, Danau Mono turun, kehilangan setengah volumenya, dua kali lipat salinitas, dan menjadi sebuah danau alkali beracun yang mengandung karbonat, klorida dan sulfat. Komite Danau Mono dibentuk sebagai tanggapan, memaksa Los Angeles untuk mengembalikan sebagian permukaan danau tetapi diperkirakan akan memakan waktu sekitar 20 tahun untuk memulihkan keadannya seperti semula.

 

(Sumber:wordpress.com)

Danau Mono, California, USA(Sumber:wordpress.com)

 

3. Danau Horseshoe, California, USA

Atau juga Danau tapal kuda, terletak di dekat Kota Mammoth Lakes yang dibangun di atas sebuah gunung berapi aktif, yang dianggap sebagai silent killer. Sekitar 20 tahun yang lalu, pohon-pohon dekat danau tiba-tiba mulai layu dan mati. Pada awalnya, ilmuwan percaya bahwa pohon-pohon memiliki beberapa jenis penyakit, namun kemudian mereka menemukan pohon terpapar gas karbon dioksida terlalu banyak, merembes melalui tanah dari ruang pendinginan magma. Ya, pohon “bernapas” karbon dioksida, tapi konsentrasi tinggi karbon dioksida dapat mematikan bahkan bagi mereka. Pada tahun 2006, tiga orang tewas akibat karbon dioksida yang keluar di sebuah gua dekat Danau Horseshoe dimana mereka berlindung.

 

(Sumber:wordpress.com)

Danau Horseshoe, California, USA(Sumber:wordpress.com)

 

4. Danau Yellowstone, Amerika Serikat

Menarik meneliti danau Yellowstone di Yellowstone National Park, terletak di wilayah vulkanik aktif, para ilmuwan telah menemukan fakta dimana danau ini dapat “membunuh”. Ketika mereka memetakan lantai danau Yellowstone, mereka menemukan sebuah kubah (dikatakan ukuran tujuh lapangan sepak bola) di bagian bawah danau. Kubah ini menyebabkan pemanasaan di bawah tempat tidur danau, yang ketika mengembang, membangun tekanan dan menciptakan kubah. Para ilmuwan khawatir ada potensi bahaya nyata dari apa yang dikenal sebagai ledakan menjadi uap, melanggar batu dan melemparkannya ke udara sebagai “ledakan hidrotermal”. Dalam sejarah Yellowstone beberapa ledakan hidrotermal besar terjadi, beberapa kawah meninggalkan ribuan meter di seberang danau serta di daerah lain dari taman. Meskipun ledakan terakhir terjadi beberapa ribu tahun yang lalu, dikatakan bahkan gempa kecil bisa menjadi pemicu yang sama.

 

(Sumber:wordpress.com)

Danau Yellowstone, Amerika Serikat(Sumber:wordpress.com)

 

5. Danau Nyos, Kamerun

Danau Nyos adalah sebuah danau kawah gunung api di Kamerun, Afrika Barat. Pada 1986 danau ini melepaskan awan raksasa karbon dioksida, yang mengakibatkan sufokasi (kekurangan oksigen) sampai 1800 orang di desa sekitarnya. Seperti yang saya sudah bilang, hanya ada tiga danau meledak di Bumi dan Danau Nyos di Kamerun adalah salah satunya. Sebuah kantong magma yang terletak di bawah Danau, menyebabkan kebocoran karbon dioksida ke dalam air Nyos, mengubahnya menjadi asam karbonat. Pada tahun 1986, dua tahun setelah Danau Monun meledak di sebuah letusan limnic, Danau Nyos, kemungkinan dipicu oleh tanah longsor, tiba-tiba dipancarkan awan besar karbon dioksida, yang menewaskan ribuan orang dan hewan di daerah desa-desa dan kota-kota terdekat. Hal tersebut adalah pertama yang diketahui sebagai bencana skala besar sesak napas yang disebabkan oleh peristiwa alam. Hari ini, danau masih menimbulkan ancaman karena dinding alamnya lemah. Jika tremor geologi yang menyebabkan tanggul alami ini memberikan jalan, itu akan memungkinkan air hilir sepanjang Nigeria dan akan memungkinkan karbon dioksida banyak terlepas.(**)

(Sumber:wordpress.com)

Danau Nyos, Kamerun(Sumber:wordpress.com)

 

Sumber: badcontrol.net dan berbagai sumber, old.uniknya.com, Januari 2013

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com