5 Pencapaian Lionel Messi pada Ajang Ballon d’Or

Oleh : Timun

[UNIKNYA.COM] Ballon d’Or (dalam bahasa Perancis berarti Bola Emas) adalah penghargaan sepak bola yang diciptakan dan dianugerahkan oleh majalah France Football sejak tahun 1956 kepada pemain sepak bola yang penampilannya dianggap terbaik sepanjang tahun sebelumnya.

Pemain yang terseleksi yaitu pemain yang sedang memperkuat sebuah klub anggota UEFA. Hingga tahun 1995, pemain tersebut juga harus merupakan warga negara Eropa juga, tetapi tahun berikutnya pemain tidak harus warga Eropa. Pemilihan dilaksanakan oleh sekelompok wartawan sepak bola Eropa.

Salah satu pemenang Ballon d’ Or secara beruntun yaitu Lionel Messi yang memperkuat tim Barcelona FC. Berikut kami rangkum 5 pencapain Lionel Messi di Ajang Ballon d’Or, sebagai berikut :

1. Runner Up 2008

Lionel Messi masuk pada nominasi tiga besar di ajang Ballon d’Or, dan pada saat pengumuman yang menjadi pemenang Ballon d’Or tahun 2008 yaitu Christiano Ronaldo dari Manchester United dengan 446 poin, kemudian diikuti oleh Lionel Messi dari Barcelona FC (281 poin), dan peringkat ketiga yaitu Fernando Torres dari Liverpool (179 poin).

 

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Runner Up 2008(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Ballon d’Or 2009

Lionel Messi menjuarai ajang Ballon d’Or para tahun 2009 dengan nilai 473 poin, yang kemudian diikuti oleh Chistiano Ronaldo yang  baru pindah ke Real Madrid (233 poin). Peringkat ketiga diraih oleh Xavi dari Barcelona FC (170 poin).

 

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Ballon d’Or 2009(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Double Winner 2010

Pada tahun 2010, Messi kembali menjuarai Ballon d’Or dengan nilai 22,6 %, kemudian diikuti oleh rekan-rekan satu klub di Barcelona FC yaitu untuk peringkat kedua diraih oleh Andrés Iniesta (17,36 %) dan peringkat ketiga yaitu Xavi (16,48%).

 

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Double Winner 2010(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Treble Winner 2011

Pada tahun 2011, Messi kembali menjuarai ajang Ballon d’Or ini untuk ketiga kalinya dengan nilai 47,88 %. “Ini sungguh kegembiraan yang luar biasa meraih penghargaan ketiga kalinya, sebuah kehormatan besar,” kata Messi saat menerima penghargaan itu seperti dikutip dari FIFA.

Peringkat kedua diraih oleh Christiano Ronaldo dengan nilai 21,60 %, kemudian peringkat ketiga diraih oleh Xavi dengan nilai 9,23 %.

 

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Treble Winner 2011(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Quatrick Ballon d’Or 2012

Pada 8 Januari 2012, Messi meraih Ballon d’Or untuk keempat kalinya. “Sejujurnya, sulit dipercaya bisa memenangi penghargaan ini untuk keempat kalinya secara berurutan,” ucap Messi ketika menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh kapten tim nasional Italia (Piala Dunia 2006), Fabio Cannavaro, yang berlangsung di markas FIFA, Zurich.

Messi memenangi gelar itu setelah unggul dalam persentase voting dengan raihan 41,60% suara, mengungguli Christiano Ronaldo yang mendapatkan 23,68% suara dan Andreas Iniesta yang mendapatkan 10,91% suara.

 

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Quatrick Ballon d’Or 2012(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber : dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Januari 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com