5 Jamur dengan Rupa Menakjubkan (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Jamur berhabitat pada bermacam-macam lingkungan dan berasosiasi dengan banyak organisme. Meskipun kebanyakan hidup di darat, beberapa jamur ada yang hidup di air dan berasosiasi dengan organisme air. Jamur yang hidup di air biasanya bersifat parasit atau saprofit, dan kebanyakan dari kelas Oomycetes. Dari sekian banyak jenis jamur, berikut adalah jamur yang memiliki rupa menakjubkan:

1. Mutinus caninus

Mutinus caninus, umumnya dikenal sebagai jamur anjing stinkhorn, memiliki bentuk seperti tanduk dengan ujung gelap. Jamur ini sering ditemukan tumbuh dalam kelompok-kelompok kecil di potongan kayu, atau sampah daun, selama musim panas dan musim gugur di Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Mutinus merupakan sejenis jamur yang dianggap tidak dapat dimakan, meskipun ada beberapa kejadian dari kecambahnya yang dikonsumsi.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Mutinus caninus (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Mycena chlorophos

Mycena chlorophos adalah spesies jamur dari keluarga Mycenaceae. Jamur ini banyak ditemukan di subtropis Asia, termasuk Jepang, Polinesia, Jawa, dan Sri Lanka, juga di Australia, dan Brasil. Buah badan (jamur) memiliki warna pucat kecoklatan-abu, yang memiliki  topi lengket hingga berdiameter 30 mm (1,2 in) dengan panjang batang 6-30 mm atas (0,2-1,2 dalam). Jamur ini dapat bercahaya dan memancarkan cahaya hijau pucat, ketika malam. Jamur ini tumbuh pada hutan di puing-puing kayu yang jatuh seperti ranting mati, cabang.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Mycena chlorophos (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Entoloma hochstetteri

Entoloma hochstetteri adalah spesies jamur yang ditemukan di Selandia Baru dan India. Jamur kecil ini berwarna biru, dengan insang yang memiliki warna kemerahan. Warna biru pada tubuhnya, adalah karena kandungan pigmen azulene. Tidak diketajui apakah jamur Entoloma hochstetteri beracun atau tidak.

Spesies ini adalah salah satu dari enam jamur asli Selandia Baru ditampilkan dalam satu set perangko jamur yang diterbitkan di Selandia Baru pada tahun 2002.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Entoloma hochstetteri (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Jamur Giant Puffball (Calvatia gigantea)

Calvatia gigantea, umumnya dikenal sebagai jamur puffball Raksasa, yang umumnya ditemukan di padang rumput, ladang, dan hutan gugur di seluruh dunia biasanya di akhir musim panas dan musim gugur. Jamur berbentuk sepertitelur raksasa, dan memiliki warna putih menyolok ini, umumnya ditemukan diseluruh Eropa dan Amerika Utara.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Jamur Giant Puffball (Calvatia gigantea)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Jamur Ekor Kalkukn (Trametes versicolor)

Trametes versicolor juga dikenal sebagai Coriolus versicolor dan Polyporus versicolor – adalah jamur polypore umumnya ditemukan di seluruh dunia. Sesuai namanya, jamur ini ditemukan dalam berbagai warna. Bentuk jamur ini terkadang menyerupai ekor kalkun liar. Trametes versicolor umumnya digunakan sebagai jamur obat dalam pengobatan tradisional Cina dengan nama yun zhi.(**)

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Jamur Ekor Kalkukn (Trametes versicolor)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Januari 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com