5 Air Terjun Paling Indah di Dunia (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi. Di bawah ini merupakan 5 air terjun terindah yang mungkin sewaktu-waktu akan Anda kunjungi di dunia.

1. Air Terjun Blaenrhondda

 

[spoiler]

(sumber:wordpress.com)

Air Terjun Blaenrhondda (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Beristirahat sekali-kali di akhir aliran sungai Ronda di Wales, yang membentuk air terjun indah yang memiliki keindahanmenggoda. Banyak fotografer dan pecinta alam dari seluruh dunia, suka berkunjung untuk  melihat alam liar dan buih air menyembur.

 

2. Air Terjun Burney

 

Burney Falls adalah air terjun yang terletak di Burney Creek, di McArthur-Burney Memorial State Park, Shasta County, California. Airnya berasal dari mata air bawah yang jatuh, pada ketinggian 129 meter, dan menyembur konstan sebanyak 100 juta galon per hari (4 m³ / s), bahkan selama bulan-bulan musim panas yang kering.

 

[spoiler]

(sumber:wordpress.com)

Air Terjun Burney (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Air terjun yang disebut “Keajaiban Kedelapan Dunia” oleh Presiden Theodore Roosevelt, dan dinyatakan sebagai Landmark Alam Nasional pada bulan Desember 1984. Salah satu yang air terjun paling spektakuler di California, Burney mengalir sepanjang tahun karena ke sungai Burney yang memasok air kepada mereka.

 

3. Air Terjun Plitvice

 

[spoiler]

(sumber:wordpress.com)

Air Terjun Plitvice (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Danau Plitvice merupakan sebuah taman nasional di Kroasia, yang terletak di 44.85° U 15.62° T . Sungai Korana telah membentuk 20 danau hambatan batu kapur dan kapur. Di antara danau-danau tersebut membentuk air terjun dan “cascade” yang luar biasa. Dan juga salah satu hutan tua di Eropa. Air terjun ini adalah bagian yang indah dari kreasi alam.

 

4. Air Terjun Triberg

 

[spoiler]

(sumber:wordpress.com)

Air Terjun Triberg (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Air terjun Triberg adalah salah satu air terjun tertinggi di Jerman dengan ketinggian 163 m yang terletak di wilayah Black Forest. Triberg dengan air terjunnya adalah tempat wisata yang populer, menarik sejumlah besar wisatawan baik domestik maupun mancanegara setiap tahun. Dinilai sebagai air terjun tertinggi di Jerman, mereka mengalir sepanjang tahun.

 

5. Air Terjun Igazu

 

[spoiler]

(sumber:wordpress.com)

Air Terjun Igazu (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Air terjun Iguazu adalah nama air terjun yang berlokasi di Sungai Iguazu di perbatasan negara bagian Paraná di Brazil (20%) dan propinsi Misiones di Argentina (80%). Air terjun ini membagi sungai menjadi bagian atas dan bawah. Adalah penjelajah Spanyol bernama Conquistador Álvar Núñez Cabeza de Vaca pada tahun 1541, yang juga diabadikan untuk nama bagian air terjun di sisi Argentina. Air terjun ini lalu ditemukan kembali oleh Boselli di akhir abad ke-19, dan salah satu nama air terjun lain di sisi Argentina diambil dari namanya.(**)

 

Sumber: listphobia.com, old.uniknya.com, Desember 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com