5 Hari Perayaan Paling Terkenal di Dunia (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Banyak hari-hari yang kita lewatkan dalam setiap tahunnya, menjadi begitu istimewa karena dirayakan atau sekedar diperingati oleh banyak penduduk bumi. “Hari-hari” istimewa itu memiliki arti yang sangat penting dalam menumbuhkembangkan semangat, kepedulian dan kesadaran akan sesuatu hal. Namun tujuan dasar dan fundamental perayaan hari-hari ini adalah untuk menyatukan orang, perdamaian di seluruh dunia dan kehidupan yang sehat. Berikut beberapa hari paling terkenal yang dirayakan pada hari yang sama di seluruh dunia.

 

1. Hari Tanpa Tembakau Sedunia- 31 Mei

Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati di seluruh dunia setiap tahun pada tanggal 31 Mei. Gerakan ini menyerukan para perokok agar berpuasa tidak merokok (mengisap tembakau) selama 24 jam serentak di seluruh dunia. Hari ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan. Diperkirakan kebiasaan merokok setiap tahunnya menyebabkan kematian sebanyak 5,4 juta jiwa. Negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencetuskan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini pada tahun 1987. Dalam satu dasawarsa terakhir, gerakan ini menuai reaksi baik berupa dukungan dari pemerintah, aktivis kesehatan, dan organisasi kesehatan masyarakat, ataupun tentangan dari para perokok, petani tembakau, dan industri rokok.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Hari Tanpa Tembakau Sedunia- 31 Mei(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Hari Anak Internasional – 13 Juni

Pada tanggal 13 Juni, masyarakat dunia merayakan Hari Anak Internasional, dalam rangka memperbaharui komitmen untuk meningkatkan kehidupan anak-anak di seluruh dunia.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Hari Anak Internasional – 13 Juni(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Hari Pariwisata Dunia – 27 September

Banyak orang di sekitar kita untuk merayakan Hari Pariwisata Dunia, yang jatuh pada tanggal 27 September setiap tahunnya. Hari ini bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat internasional akan pentingnya pariwisata dan nilai-nilai sosial, budaya, politik dan ekonomi.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Hari Pariwisata Dunia – 27 September(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Hari AIDS Sedunia – 1 Desember

Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Hari AIDS Sedunia – 1 Desember(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Hari Penyandang Cacat Internasional – 3 Desember

Hari Penyandang Cacat Internasional adalah peringatan internasional yang disponsori oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1992 dan diperingati setiap tanggal 3 Desember. Peringatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang cacat dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang cacat.(**)

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Hari Penyandang Cacat Internasional – 3 Desember(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: listphobia.com, old.uniknya.com, Desember 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com