5 Hari Perayaan Paling Terkenal di Dunia (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Banyak hari-hari yang kita lewatkan dalam setiap tahunnya, menjadi begitu istimewa karena dirayakan atau sekedar diperingati oleh banyak penduduk bumi. “Hari-hari” istimewa itu memiliki arti yang sangat penting dalam menumbuhkembangkan semangat, kepedulian dan kesadaran akan sesuatu hal. Namun tujuan dasar dan fundamental perayaan hari-hari ini adalah untuk menyatukan orang, perdamaian di seluruh dunia dan kehidupan yang sehat. Berikut beberapa hari paling terkenal yang dirayakan pada hari yang sama di seluruh dunia.

 

1. Tahun Baru – 1 Januari

Hari pertama diawal tahun, dirayakan banyak penduduk bumi ketika mereka baru saja melewatkan malam pergantian tahun. Malam Tahun Baru selalu menjadi momentum bagi kita untuk melihat kembali ke masa lalu, dan yang lebih penting, menatap masa depan untuk tahun yang akan datang. Ini adalah waktu untuk merenungkan perubahan yang ingin kita buat dan memutuskan untuk menindaklanjuti perubahan tersebut.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com)

Tahun Baru – 1 Januari (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

2. Hari Valentine – Februari 14

Tradisi Valentines memang dimulai bertahun-tahun lalu, dan sekarang tradisi ini telah menyebar di seluruh penjuru dunia. Pada hari kasih sayang ini, banyak penduduk bumi seolah ingin menunjukan dunia tengah bersatu untuk saling menunjukkan cinta mereka yang merupakan emosi yang paling kuat di dunia ini.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com)

Hari Valentine – Februari 14 (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

3. Hari Bumi – 22 April

Atau Hari Bumi, adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com)

Hari Bumi – 22 April(Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

4. Hari Perempuan International – 8 Maret

Hari Perempuan Internasional dirayakan pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya. Ini adalah sebuah hari besar yang dirayakan di seluruh dunia untuk memperingati keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan sosial. Di antara peristiwa-peristiwa historis yang terkait lainnya, perayaan ini memperingati kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada 1911 yang mengakibatkan 140 orang perempuan kehilangan nyawanya.

Di Barat, Hari Perempuan Internasional dirayakan pada tahun sekitar tahun 1910-an dan 1920-an, tetapi kemudian menghilang. Perayaan ini dihidupkan kembali dengan bangkitnya feminisme pada tahun 1960-an. Pada tahun 1975, PBB mulai mensponsori Hari Perempuan Internasional.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com)

Hari Perempuan International – 8 Maret(Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

5. Hari Buruh – 1 Mei

Hari ini sering dirayakan dengan demonstrasi, parade dan pidato, serta rapat umum politik. Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur(di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.(**)

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com)

Hari Buruh – 1 Mei(Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Sumber: listphobia.com, old.uniknya.com, Desember 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com