5 Danau Bawah Tanah Paling Indah di Dunia (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Jauh di bawah permukaan bumi, di mana matahari jarang menembus, tersimpan “surga” alami yang berkelap-kelip, bak permata berkilauan. Dalam artikel berikut, kami menyimpulkan beberapa gua bawah tanah yang didalamnya mengalir sungai air tawar alami dengan pemandangan alamnya yang memikat. Berikut artikelnya!

 

1. Puerto Princesa, Filipina

Puerto Princesa Subterranean River National Park berlokasi sekitar 50 kilometer (30 mil) utara dari pusat kota Puerto Princesa, Palawan, Filipina. Sungai ini juga disebut Puerto Princesa Underground River. Taman nasional ini terletak di pegunungan Saint Paul di pantai utara pulau. Hal ini berbatasan dengan St Paul Bay di utara dan Sungai Babuyan ke timur. Pemerintah Kota Puerto Princesa telah berhasil mengembangkan Taman Nasional sejak tahun 1992. Taman ini juga dikenal sebagai Subterranean Nasional St Paulus River Park, atau St Paul Underground River.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com)

Puerto Princesa (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

2. Gua Wookey, Inggris

Gua Wookey Hole adalah sebuah gua pertunjukan dan atraksi wisata di desa Wookey Hole di tepi selatan Hills Mendip dekat Wells di Somerset, Inggris. Gua Wookey dibentuk melalui erosi perbukitan kapur oleh Sungai Axe. Sebelum muncul di Wookey Hole air masuk sungai bawah tanah dan melewati gua lain seperti Lubang Swildon dan Swallet St Cuthbert.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com)

Gua Wookey (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

3. Gua Lechuguilla

Gua Lechuguilla, di Carlsbad Caverns National Park, New Mexico adalah gua terpanjang kelima yang ditemukan namun pada 120 mil panjang dan ukuran 489 meter, sehingga menjadi yang terdalam di benua Amerika Serikat.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com)

Gua Lechuguilla (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

4. Macan Che

Ini danau bawah tanah di dekat Macan Che di Semenanjung Yucatán merupakan salah satu dari gua bawah tanah indah banyak yang dianggap sebagai hadiah dari para dewa oleh bangsa Maya, dan karenanya dianggap gua suci.

 [spoiler]

(Sumber:wordpress.com)

Macan Che (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

5. Meksiko

Aliran kapur mengalir ke dalam danau bawah tanah di Meksiko, hingga  menyerupai air terjun berubah menjadi batuuan indah. Mungkin Ratu Es menjadi julukan dari danau gua ini.(**)

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com)

Meksiko (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

Sumber: listphobia.com, old.uniknya.com, Desember 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com