5 Musisi yang Gemar Seni Visual (Bagian I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Sebenarnya setiap manusia memiliki bakat lebih dari satu, namun hanya beberapa saja yang menyadari dan mau melatih serta mengembangkannya menjadi sebuah karya. Menulis, Memainkan alat musik, bernyanyi, melukis, memahat dan sebagainya adalah bakat seni yang dimiliki dan dapat dikembangkan oleh manusia, ada yang bisa dikembangkan secara bersamaan maupun tidak, hal tersebut bergantung pada pribadi masing-masing. Seperti yang dimiliki oleh para musisi dunia, baik bakat luarbiasa ataupun bakat yang menjadi luar biasa karena popularitas mereka. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 musisi yang gemar Seni Visual:

 

1. John Lennon

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

John Lennon(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

John Lennon pentolan band the Beatles, yang kemudian mengakhiri karier musiknya untuk membuat band bersama isterinya Yoko Ono, the Plastic Ono Band. Dikabarkan semasa kecilnya, sebelum terjun ke dunia musik ia adalah seorang ilustrator dan kartunis. Bahkan ia diterima di Liverpool College of Art, meski nilai ujiannya tidak terlalu baik. Ia berhasil masuk meski pada akhir tahun kuliah dikeluarkan. Gambar-gambar Lennon dapat Anda saksikan dalam buku pertamanya, In His Own Words, selain puisi dan cerita lainnya.

 

2. Marilyn Manson

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Marilyn Manson (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Di suatu waktu Marilyn mengatakan kepada para wartawan bahwa lukisan pertamanya ia jual kepada pengedar narkoba pada akhir tahun 90’an. Dan meskipun diremehkan oleh para kritikus terutama pemilihan warna cat air, lukisan Marilyn berhasil dijual seharga 100.000 dolar AS dalam sebuah pameran internasional.

 

3. Fiona Apple

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Fiona Apple(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Penyanyi sekaligus lirikus perempuan luar biasa, Fiona Apple bahkan mengerjakan sampul album The Idler Wheel (2012) dengan tarian tangannya sendiri. Ilustrasi yang liar dan suram, menjadikan sampul album tersebut sangat menarik dan artistik, sesuai dengan lirik dan musik yang terdapat di dalam album tersebut.

 

4. Courtney Love

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Courtney Love (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sementara itu isteri mendiang Kurt Cobain, Courtney Love melakukan pameran pertamanya pada 2012, dengan tajuk And She’s Not Even Pretty, di Kota New York. Salah satu karya lukisannya adalah menggunakan media gaun pengantin, disertai dengan potret diri. Kepada Gothamis ia mengatakan, “Rasanya lebih peka, rentan, tidak seperti musik yang kita dalam mencapurkan apa saja dan menghilangkan apa yang tidak kita sukai.”

 

5. David Bowie

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

David Bowie (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

David Bowie dikabarkan pernah terdaftar sebagai siswa sekolah seni, dan meskipun kegiatan seni visual yang pertama dan terakhir pada tahun 90’an. Dan seni visual selalu berperan penting dalam proses kreatif yang dilakukan Bowie. “Aku akan menemukan inspirasi untuk menggambar ketika aku mengalami kesulitan dalam menyelesaikan musik yang sedang aku kerjakan. Dan lebih mudah untuk menggambarkan atau melukiskannya dibandingkan menjadikannya sebuah musik. Dan usaha untuk mengerjakan kembali sebuah struktur musik dalam sebuah lukisan atau gambar adalah jawabannya.(**)

 

Sumber: zimbio.com, old.uniknya.com, Desember 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com