5 Spesies Baru Sepanjang Tahun 2012 (Bagian II-Habis)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Penemuan spesies baru di tahun 2012 sangatlah mengesankan, bahkan menjadi sebuah bukti kekayaan hayati bumi yang kita tinggali. Dan merupakan bukti bahwa di dalam ilmu dan pengetahuan selalu dipastikan ada sebuah jawaban bagi keingintahuan manusia akan kekayaan hayati dan sumber daya alam di bumi.  Ilmu dan pengetahuan secara lahiriah membimbing para ilmuwan dan peneliti untuk memuaskan rasa keingintahuan mereka dalam mengungkapkan berbagai tabir yang ada di bumi ini. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 penemuan spesies baru di tahun 2012:

 

1.  Landak Peru

[spoiler]

Landak Peru(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Seperti keragaman hayati di kedalaman hutan Peru tidak hentinya mencuatkan spesies baru dan langkanya, contohnya Landak yang satu ini. Para peneliti menamakannya dengan Enigmatic Porcupine. Namun sangat disayangkan pemberian nama tersebut tidak akurat semenjak ditemukannya penampilan spesies lain yang lebih pantas. Meskipun ia berukuran besar, kulitnya berwarna kuning, dengan bulu duri khas berwarna hitam.

 

2. Binatang Pengerat Kuno Dari Padang Rumput Chili

[spoiler]

Binatang Pengerat Kuno Dari Padang Rumput Chili(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Spesies yang merupakan perpaduan antara Chinchillas (sejenis tikus) dengan sapi sepertinya tidak umum, namun pada 32.5 juta tahun yang lalu di padang rumput Andes, Chili, spesies seperti itu dikabarkan pernah hidup. Keterangan tersebut didasarkan pada penemuan fosil-fosil kecil di kawasan Andes, dan belakangan disimpulkan bahwa fosil tersebut dulunya adalah spesies Chinchilla, secara formal dikenal dengan nama Andemys Termasi atau Tikus Andes. Spesies tersebut di masa lalu hidup layaknya kawanan sapi, kambing, kuda yang menjadikan padang rumput sebagai habitat alami mereka, dan bertahan hidup dengan mengonsumsi rerumputan keras dengan giginya yang kuat.

3. Laba-Laba Harimau Pirang si Penjebak

[spoiler]

Laba-Laba Harimau Pirang si Penjebak(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Wow, kok laba-laba bule sih? Memang benar arachnoid yang satu ini memiliki warna tubuh menyerupai warna merah mendekati pirang. Laba-laba yang dikenal dengan Laba-laba Harimau Auburn (pirang) ini ditemukan pada 2012 di kawasan Alabama. Salah satu sifatnya yang membuat para ilmuwan di Departmen of Entomology and Plant Pathology penasaran adalah selalu menganyam jaring di tepian jalan, garasi dan kolam renang selama musik kawin di bulan November dan Desember. Sementara nama trapdoor diperoleh dari laba-laba harimau pirang betina yang hampir menghabiskan seluruh hidupnya di balik lubang pintu yang gelap dan lembab.

4. Hiu-Lele Kedalaman Laut Galapagos

[spoiler]

Hiu-Lele Kedalaman Laut Galapagos (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Ketika banyak spesies hiu yang dikabarkan mendekati kepunahan, namun pada 2012 ini ditemukan jenis baru yang hidup di kedalaman laut Galapagos. Spesies hiu berwajah lele ditemukan oleh para peneliti dari California Academy of Science, tubuhnya tidak terlalu panjang, rata dan berwana cokelat tua. Bahkan tubuh hiu-lele ini terlihat cantik ketika meluncur di kedalaman air dengan tubuhnya yang dihiasi bintik-bintik menyerupai tutul. Tidak seperti kerabat dan jenis hiu lainnya yang bertubuh besar dan mencolok, hiu-lele ini tidak terlalu terancam kepunahan.


5. Buaya Zaman Prasejarah

[spoiler]

Buaya Zaman Prasejarah (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Spesies yang terakhir di daftar ini adalah buaya yang dahulunya pernah hidup di zaman pra-sejarah di kawasan benua Afrika kemungkinan pada 95 juta tahun lalu. Buaya ini dikenal dengan Aegisuchus witmeri— atau Shieldcroc, berhasil digambarkan oleh para peneliti dari University of Missouri yang menemukan fosil beberapa tahun lalu di Maroko.  Berdasarkan penggambaran para ilmuwan tersebut, buaya ini memiliki panjang tubuh dari ekor hingga hidung sekitar 30 kaki (9 m), bahkan untuk kepalanya saja memiliki panjang 1,5 meter. (**)

 

Sumber: time.com, old.uniknya.com, Desember 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com