5 Cerita Dibalik Lambang Zodiak (Bagian I)

Oleh: Afina Fatharani

[UNIKNYA.COM]: Banyak orang yang mengikuti ramalan tentang diri mereka berdasarkan zodiak  yang menaunginya. Dari yang sekadar iseng, hingga yang menganggapnya sangat serius. Meski demikian, ramalan tentang kepribadian dan keberuntungan yang menyertainya memang selalu memancing rasa penasaran dan menggelitik kita untuk mengikutinya. Ya, sekedar mengisi waktu luang sambik tidak sadar tersenyum-senyum kecil.

Secara etimologi, zodiak  berasal dari kata latin zoodiacos cyclos yang berarti lingkaran hewan. Oleh karena itu, tidak heran bila sebagian zodiak  dilambangkan oleh beberapa jenis binarang. Sementara berdasarkan definisinya, zodiak  merupakan suatu siklus tahunan dari 12 wilayah sepanjang lingkaran ekliptik, yaitu suatu pola lintasan perubahan posisi matahari di angkasa yang terbentuk karena lingkaran ekliptik ini dibagi oleh gugus-gugus bintang menjadi 12 area dengan ukuran busur yang sama. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 cerita diibalik lambang zodiak:

1. Capricon

Capricon adalah zodiak  berlambang kambing jantan dan disematkan kepada orang yang lahir pada 22 Desember hingga 20 Januari. Anda mungkin sudah tahu itu. Namun, tahukah Anda, kenapa lambang capricon adalah kambing?. Namun, bukan kambing sembarangan, melainkan kambing yang menurut mitologi bangsa Yunani, kambing ini bernama amal Theus, saat itu Zeus yang masih orok disembunyikan ibunya di dalam gua karena khawatir akan menjadi mangsa bapaknya yang buas, Chronoos. Setelah besar, Zeus tidak melupakan kebaikan Theus. Sang kambing pun diangkat ke langit, dibekali cahaya dan dijadikan binatang.

[spoiler]

Capricon(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Aquarius

Aquarius yang lahir pada 21 Januari hingga 19 Februari dilambangkan dengan seorang pria yang sedang menuangkan air. Siapakah orang itu? Dialah Ganimedes, pelayan setia Zeus. Menurut kisah bangsa Yunani, Ganimedes merupakan pangeran Troya, anak dari Tros, dari Dardania, dan Kallirroe. Ganimedes memiliki penampilan yang menarik dan tampan sehingga Zeus tertarik padanya.

Zeus kemudian menculiknya dalam wujud seekor elang dan membawanya ke Olympus. Ganimedes pun menjadi pembawa minuman bagi Zeus dan sang dewa pun sangat menyayanginya.

Karena sangat menyukai Ganimedes, Zeus mengangkatnya sebagai salah satu rasi bintang dengan nama aquarius. Untuk itu, pemilik bintang ini seringkali dianggap orang yang memiliki kesetiaan dan daya tarik yang tinggi, baik itu laki-laki, maupun wanita.

[spoiler]

Aquarius (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Pisces

Zodiak  pisces berlambang dua ikan. Kedua ikan itu membawa venus, Aphrodite dan anaknya, Cupido, menyebrang sungai Euphrates, waktu mereka dikejar oleh raksasa bernama Typhon. Versi lain menyebutkan kedua ikan itu ialah lumba-lumba yang membawa Amphitrite ke Neptunus.

Ada juga yang berpendapat pisces adalah sepasang ikan yang terikat ekornya agar selalu bersama. Kedua ikan itu konon adalah jelmaan Aphrodite, sang dewi cinta dan kecantikan. Dan Eros, dewa cinta yang sedang dikejar-kejar oleh monster bernama Typhoon. Agar bisa selamat, mereka meminta bantuan Zeus untuk mengubah wujud mereka menjadi ikan dan ekor mereka diikat agar keduanya tidak terpisahkan saat mengarungi sungai Euphrates. Untuk dapat selalu mengenangnya, Dewi Athena menaruh kedua ikan tersebut di langit dan membentuk konstelasi bintang pisces.

[spoiler]

Pisces(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Aries

Zodiak  aries berasal dari lomba berbulu emas yang dikirim oleh Nephele untuk menyelamatkan putra-putrinya Phrixus dan Helle yang hendak dihukum mati oleh ayahnya, King Athamas, atas hasutan ibu tiri mereka, Ino.

Domba tersebut membawa Phrixus dan Helle terbang meninggalkan Boeotia menuju ke Colchis di Caucasus. Namun, dalam perjalanan, Helle jatuh ke laut dan tenggelam ke laut sehingga sejak saat itu dinamai Hellespont atau Laut Helle.

Sesampainya di Colchis, Phrixus diterima oleh King Aetes yang menikahinya dengan putri sulungnya sebagai tanda terima kasih kepada dewa-dewi yang telah melindunginya selama perjalanan, Phrixus mengorbankan domba tersebut dan memberikan bulu emasnya kepada mertuanya. Dewa Zeus ternyata senang menerima pengorbanan ini, sehingga ia pun dijadikan bintang.

[spoiler]

Aries (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Taurus

Dilambangkan dengan sapi jantan. Taurus berasal dari kata taureau yang artinya sapi jantan. Sapi ini adalah jelmaan dari Dewa Zeus atau Jupiter. Dewa Zeus yang sangat menyukai gadis-gadis cantik, kesengsem begitu melihat princess Europa. Putri raja Agenor dan Ratu Telephassa.

Beberapa hari sebelum diculik, Putri Eropa bermimpi ada dua orang wanita, timur dan barat, bertengkar memperebutkan dirinya, yang diakhiri dengan kemenangan barat, itu berarti dia harus meninggalkan tanah kelahirannya untuk pergi ke barat, dia tidak bersedia.

Zeus yang memiliki banyak istri, kemudian menjelma menjadi banteng jinak di antara ternak peliharaan ayah Princess Europa. Melihat banteng yang jinak tersebut, sang putrid tergoda untuk mendudukinya. Namun, tidak dinyana, banteng tersebut kemudian melarikan Putri Eropa menyebrangi lautan sampai ke Crete, dan sejak saat itu daerah barat di sekitarnya menyandang namanya. Di sanalah Jupiter kemudian menampakkan wujud aslinya sebelum menikahi Princess Eropa dalam wujud rajawali emas. Pernikahan mereka melahirkan tiga putra, yaitu Minos, Rhadamanthys, dan Sarpedon.(**)

[spoiler]

Taurus(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Dari berbagai sumber, u niknya.com, November 2012

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com