5 Kejuaraan Balap Mobil Paling Legendaris (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Balap mobil merupakan salah satu cabang olahraga tontonan yang paling diminati dan juga yang paling dikomersialisasi. Balap mobil pertama kali muncul pada tahun 1895, dan kini menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia. Daftar berikut adalah 5 kejuaraan balap mobil paling legendaris, berdasarkan urutan kronologis, dan tonggak evolusi yang menarik.

 

1. Panemericana Carrera, 1950

 

Panamericana Carrera adalah ajang balap mobil sport dari perbatasan ke perbatasan di jalan terbuka di Meksiko mirip dengan Mille Miglia dan Targa Florio di Italia. Berlangsung selama lima tahun berturut-turut, mulai 1950-1954, secara umum balapan ini menjadi balapan yang paling berbahaya dari semua jenis di dunia.

 

[spoiler]

Panemericana Carrera, 1950(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Monaco Grand Prix, 1929-sekarang

 

Paling populer dan acara paling bergengsi di kalender Formula 1 setiap tahunnya adalah Grand Prix Monaco, 24 Jam Le Mans dan Indy 500, secara informal disebut “Triple Crown of Motorsport”. Circuit de Monaco, yang menjadi tuan rumah Grand Prix sejak 1929 telah disebut sebagai “sirkuit luar biasa dari kemewahan dan prestise”.

 

[spoiler]

Monaco Grand Prix, 1929-sekarang(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

3. Mille Miglia, 1927-1957

 

Mille Miglia merupakan sebuah balapan terbuka yang menempuh lebih dari 100 km di Italia. Balapan ini berlangsung sejak tahun 1927 hingga 1957. Mille Miglia mungkin yang terakhir dari balap jalan legendaris. Dimulai pada tahun 1927 oleh seorang pecinta mobil Italia Count Aymo Maggi. Start dan finish di Brescia, Mille Miglia dengan menempuh ribuuan mil perjalanan melewati pedesaan Italia. Meskipun menampilkan beberapa merek terbaik GranTurismo Italia, seperti Maserati, Isotta, Fiat, Ferrari dan Alfa Romeo, lomba dibatalkan pada tahun 1957 setelah kecelakaan fatal yang menewaskan pembalap Ferrari asal Spanyol, Alfonso de Portago, dan navigatornya, Edmund Nelson dan sembilan penonton, termasuk lima anak-anak.

 

[spoiler]

Mille Miglia, 1927-1957 (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

4. 24 Hours Le Mans, 1923-sekarang

24 Hours of Le Mans (24 Heures du Mans dalam bahasa Perancis) adalah balapan ketahanan tertua, digelar sejak 1923 di kota Le Mans, Sarthe, Perancis. Dikenal sebagai Grand Prix of Endurance (yang berarti Grand Prix Ketahanan), balapan itu di orgainisir oleh Automobile Club de l’Ouest (ACO) dan dilakukan pada sirkuit dengan jalur publik tertutup yang berarti tidak hanya menguji kekuatan sebuah mobil dan supirnya untuk kuat, tapi juga untuk bertahan dalam waktu 24 jam.

24 Hours of Le jika dihitung mencakup lebih dari 5000 kilometer dari awal sampai akhir. Hal itu, kira-kira delapan belas kali panjang dari Grand Prix Formula 1.

 [spoiler]

24 Hours Le Mans, 1923-sekarang(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

5. Indianapolis 500, 1911-sekarang

Indianapolis 500 adalah acara balapan yang diadakan di Indianapolis, Indiana. Acara ini merupakan acara balapan terbesar di dunia. Lebih dari 200.000 orang datang untuk menonton acara ini, yang setiap tahunnya diadakan di Indianapolis Motor Speedway. Acara ini diadakan pada hari sebelum Hari Memorial. Pada rentang waktu 1950-1960, balapan Indy500 juga pernah menjadi bagian dari seri kejuaraan dunia Formula Satu.(**)

[spoiler]

Indianapolis 500, 1911-sekarang(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Sumber: listverse.com, old.uniknya.com, Desember 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com