Inilah Pesawat yang Terbang 26 Jam Tanpa Bahan Bakar

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Solar Impulse ialah pesawat berawak yang baru saja memegang rekor untuk penerbangan terpanjang dengan menggunakan tenaga surya – pesawat ini bisa berada di langit biru selama lebih dari 26 jam.

 

Solar Impulse – Pesawat Bertenaga Surya (sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

 

Pesawat tenaga surya ini dibuat oleh Bertrand Piccard dan Andre Borschberg dari Swiss. Pesawat itu terbang dengan menggunakan empat mesin baling-baling yang didukung oleh 12.000 sel surya yang melekat pada sayapnya. Terbuat dari bahan ringan, dan memiliki sayap yang yang lebar dan panjang.

Tim proyek pesawat asal Swiss mengatakan bahwa pesawat ini bukanlah pesawat pertama yang terbang memanfaatkan tenaga cahaya matahari, akan tetapi pesawat pertama yang dapat melanjutkan penerbangan siang hari hingga malam hari, bahkan mendekati fajar tanpa bahan bakar.

Tenaga pesawat lebih banyak diperoleh pada siang hari dengan mengumpulkan energi dari matahari dan menyimpan dalam baterei untuk digunakan terbang pada malam hari.

Pesawat tenaga surya ini berencana akan menyelesaikan perjalanan sejauh 1.550 mil, melintasi Eropa ke Afrika Utara pada awal tahun. Luar biasa! (**)

Sumber : Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Desember 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com