5 Air Mancur Unik di Dunia (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Air Mancur merupakan sebuah pengaturan air yang keluar dari sebuah sumber, mengisi kolam dengan bentuk tertentu, dan disalurkan ke kolam lainnya. Air mancur bisa berupa air mancur tembok atau berdiri bebas. Air mancur dapat dibuat di dalam berbagai wadah seperti batu, beton atau logam. Air di suatu kolam dapat dialirkan ke kolam lainnya dan ditata dalam berbagai tingkat. Kebanyakan air mancur ditata dalam kolam atau baskom kecil, atau kolam di taman, dan seringkali mereka mencakup berbagai ornamen ukiran atau patung.Berikut 5 air mancur unik di dunia:

 

1. Air Mancur Neptunus, Italia

 

Air Mancur Neptunus adalah air mancur sipil monumental yang terletak di alun-alun eponymous Piazza Nettuno, di samping Piazza Maggiore, di Bologna, Italia. Air mancur ini menopang patung Neptunus di atasnya. Tetapi yang menjadi unik, tepat dibawahnya ditopang patung empat wanita di setiap sudut dengan memancarkan air mancur dari setiap payudaranya. Seolah-olah patung wanita telanjang tersebut, sedang meremas payudara mereka hingga menyemprotkan air suci keluar dari puting mereka ke dalam air mancur.

 

[spoiler]

Air Mancur Neptunus, Italia(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

2. Air Mancur “Swarovski”, Austria

 

Swarovski, produsen kaca kristal, memiliki sebuah museum dan taman di Wattens, Austria. Dilokasi inilah, terdapat sebuah air mancur yang keluar dari sebuah patung kepala besar berdiri di depannya.

 

[spoiler]

Air Mancur “Swarovski”, Austria(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Air Mancur Jeanneke Pis, Belgia

 

Jeanneke Pis adalah dan patung air mancur modern di Brussels, yang merupakan tandingan untuk kota Manneken Pis merek dagang di Grand Place dalam hal gender. Dibuat oleh Denis-Adrien Debouvrie pada tahun 1985, didirikan pada tahun 1987. Patung tinggi setengah meter berwarna biru-abu-abu kapur menggambarkan seorang gadis kecil dengan rambut di kuncir pendek berjongkok dan buang air kecil, yang tampak sangat puas. Patung ini sekarang dilindungi oleh jeruji besi dari vandalisme.

 

[spoiler]

Air Mancur Jeanneke Pis, Belgia (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

4. Air Mancur “The Giving Big”, Inggris

 

Patung terbaru Weber di South Bank London dibuat oleh Klaus Weber, yang memproklamirkan diri sebagai ” Fountain Artist.”  Ini merupakan patung air mancur, berjudul “The Giving Big” adalah serangkaian patung yang tampaknya telah terperangkap hidup dari gundukan batu. Patung Klaus Weber ini memancarkan air mengalir keluar dari setiap lubang mulut, telinga, mata dan bahkan ketiak.

 

[spoiler]

Air Mancur “The Giving Big”, Inggris(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

5. Air Mancur Crown, AS

 

Crown Fountain atau Air Mancur Crown adalah sebuah karya seni publik interaktif dan merupakan patung “layar” air mancur  yang ditampilkan dalam Chicago Millennium Park, yang terletak di daerah Loopcommunity. Dirancang oleh seniman Catalan Jaume Plensa dan dieksekusi oleh Krueck dan Arsitek Sexton, dibuka pada bulan Juli 2004.(**)

[spoiler]

Air Mancur Crown, AS(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Sumber: oddee.com, old.uniknya.com, Desember 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com