5 Eksotisme Kosta Rika

Oleh: Afina Fatharani

[UNIKNYA.COM]:Sebagai negara terkecil kedua di Amerika Tengah, Kosta Rika sudah pasti kalah terkenal dibanding negara-negara lainnya, terutama Meksiko, yang bukan saja memiliki tanah lebih luas, tetapi juga sejarah, tetapi dengan segala keterbatasannya, bukan berarti Kosta Rika tidak memiliki hal yang dibanggakan. Sebaliknya walaupun terbilang negara kecil, tetapi kini Kosta Rika menjadi negara yang mendapat perhatian lebih dari dunia.

Bahkan kini Kosta Rika menjadi salah satu negara yang paling cepat pertumbuhan ekonominya di dunia. Walaupun negara uang luas wilayahnya mencapai 51.000 km2 ini masih mengandalkan pada kopi sebagai hasil utama, tetapi pemerintah sudah memasukkan sector pariwisata sebagai salah satu devisa bagi negara. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 eksotisme Kosta Rika:

1. Bola-Bola Batu Raksasa

[spoiler]

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Hal menarik pertama yang patut dikatahuit dari Kosta Rika adalah misteri bola-bola batu raksasa. Keberadaan bola-bola batu raksasa ini menjadi sebuah misteri karena hingga kini belum diketahui asal-usulnya. Misteri tersebut pertama kali diketahui sejak pendaratan penjelajah di dunia, Christoper Columbus di Kosta Rika pada tahun 1502. Bola-bola dengan bulatan sempurna tersebut ukurannya dari mulai sebesar buah jeruk hingga yang berdiameter lebih dari 2,15 meter.

Selain asal-usulnya yang menjadi misteri adalah siapa pembuat bola batu raksasa tersebut, karena jika dilihat dari hasilnya bulatan tersebut tampak sempurna, serta terdapat guratan yang membentuk pola aneh atau yang dikenal dengan petroglyph mirip dengan rangkaian gugusan bintang. Beberapa di antara petroglyph mirip dengan rangkaian gugusan bintang. Beberapa sejarawan memperkirakan bola-bola raksasa yang kini sebagian besar disimpan di museum nasional Kosta Rika, San Jose tersebut diduga ada kaitannya dengan keperluan astronomi pada masanya.

Para sejarawan dan ilmuwan mengaitkan bola batu raksasa yang oleh penduduk setempat disebut las bolas tersebut dengan budaya Buenas Aguas yang berasal dari 200 SM. Diperkirakan beberapa bola yang beratnya mencapai 16 ton tersebut merupakan pahatan asli nenek moyang negeri itu sejak penaklukkan Spanyol. Walaupun semuanya masih hanya sebatas perkiraan, karena beberapa ahli stratografi untuk menentukan berapa usia sesungguhnya dari bola misteri tersebut kesulitan, lantaran sudah tidak lagi berada di lokasi aslinya, yakni di Digquis Delta dan Isla De Cano. Hanya dari beberapa penelitian disepakati bola misteri itu ada kaitannya dengan peradaban atlantis.

2. Negara Teraman, Tanpa Militer

[spoiler]

[/spoiler]

Berbeda dengan negara-negara di kawasan Amerika Tengah dan Amerika Latin lainnya yang memiliki tingkat keamanan rendah karena tingginya kriminalitas, Kosta Rika justru menjadi negara paling aman. Kriminalitas di negara ini bisa ditekan menjadi sangat minim. Bahkan kepolisian di Kosta Rika memiliki tingkat kerja sosial paling tinggi lantaran tidak terfokuskan menangani kriminalitas di masyarakat.

Bahkan negara ini merupakan salah satu negara di dunia yang tidak memiliki pasukan militer. Sejak 1 Desember 1948, di bawah kepemimpinan Presiden, Jose Ferrer Figueras, Kosta Rika menandatangani undang-undang yang akan menghapuskan militer sebagai tentara formal. Undang-undang tersebut sekaligus menyudahi perang saudara fatal di Kosta Rika yang menewaskan hampir 2000 orang, baik dari sipil, maupun militer.

Untuk melindungi keamanan dari ancaman kekerasan dan peperangan di Kosta Rika, keamanan dari PBB telah member jaminan. Berkat perjanjian bantuan timbal balik Inter-Amerika pada tahun 1947, jika negara manapun menyerang atau menyatakan perang dengan Kosta Rika, maka 21 negara lainnya termasuk Amerika Serikat, Chile, dan Kuba akan menurunkan kekuatan militernya untuk melindungi Kosta Rika.

3. Negara Paling Bahagia

[spoiler]

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Kosta Rika yang dalam bahasa setempat berarti pesisir yang kaya dinyatakan sebagai salah satu negara paling bahagia di dunia. Predikat tersebut berdasarkan analisis dari New Economics Foundation’s Happy Planet Index. Analisis tersebut berdasarkan laporan data dari Gallup World Poll, yang melakukan polling dan mendata dengan menanyakan bagaimana kualitas hidup di negara tersebut.

Setelah melakukan pendataan World Economics menyusunnya dengan memadukan sisi kualitas hidup tersebut dengan jumlah lahan yang ada dan kualias hidup di negara yang masuk dalam daftar pendataan termasuk Kosta Rika. Dari hasil pendataan menempatkan Kosta Rika berada di posisi paling tinggi tingkat kebahagiannya. Dari skala 1 hingga 10, rata-rata masyarakat di Kosta Rika member angka 9.

Salah satu penunjang yang menjadikan Kosta Rika sebagai negara paling bahagia adalah kebersihan lingkungan yang menjadikan masyarakat sangat betah tinggal di negara tersebut. Dengan tingkat kebersihan tinggi, kesehatan masyarakat menjadi lebih terjamin dan meningkatkan semangat kerja. Pemerintah Kosta Rika memiliki program penting dalam meningkatkan kebersihan lingkungannya. Bahkan target Kosta Rika terbebas dari karbon yang bisa membahayakan lingkungan akan terjadi pada 2021. Program tersebut juga telah menempatkan Kosta Rika sebagai negara paling depan dalam penjagaan hutan dan polusi. Hanya penanganan laut yang masih kurang baik di Kosta Rika.

4. Surganya Spesies Langka

[spoiler]

BATFISH

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

KEPITING

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

KUMBANG METALIK

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Dengan keberhasilannya menjaga keasrian hutan sebagai penunjang pembersihan karbon, menjadikan Kosta Rika terkenal sebagai negara paling hijau. Hutan menjadi habitat terbaik bagi hewan-hewan yang membutuhkan kehidupan liarnya. Maka dari itu tidak salah jika hutan Kosta Rika menjadi surganya bagi spesies langka. Bahkan beberapa spesies tidak pernah lagi ditemukan di negara manapun.

Rossy-Lipped Batfish, adalah salah satu spesies ikang langka yang baru-baru ini ditemukan di lepas pantai Kosta Rika, tepatnya di Cocos Island, kepulauan Galapagos. Keunikan dari ikan ini terletak pada mulutnya yang memiliki bibir cukup unik berwarna merah, sehingga ikan ini seperti memakai lipstick. Keunikan ikan ini bukan hanya ada pada bibirnya yang seperti memakai pewarna, tetapi juga menjadi ikan paling mahal di dunia. Ikan ini bukan perenang yang baik, karena pergerakannya hanya dibantu sirip di dadanya. Satu keunikan lainnya, yaitu sepasang tanduk di kepalanya.

Spesies baru lainnya yang berhsil ditemukan di Kosta Rika, yakni kepiting raksasa yang dinamai Johngarthia Cocoensis. Kepiting ini hidup di lubang yang mereka gali dan memakan rumput serta biji-bijian. Spesies baru kepiting ini ditemukan Robert Perger dan Rita Vargas dari University of Costa Rica, serta Adam Wall dari Los Angeles County Natural History Museum. Kepiting ini memiliki ukuran hingga 40 cm untuk jantan dan betina yang lebih kecil.

Spesies langka lainnya ditemukan pada kumbang. Keunikannya, kumbang ini memiliki warna metalik yang terlihat seperti mainan anak-anak. Selain berwarna hijau metalilk, dua lainnya berwarna cukup unik juga, yakni putih seperti porselen dan berwarna emas.

5. Gunung Berapi Arenal

[spoiler]

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

Yang tidak boleh dilewatkan dari Kosta Rika, yakni keindahan gunung berapi Arenal. Keindahan gunung yang berada di timur kota La Fortuna ini adalah aliran lahar yang terus keluar dari puncak gunung. Karena lahar yang keluar panas, maka waktu paling tepat melihat keindahan Arenal adalah pada malam hari, di mana aliran lahar berwarna merah yang deras seperti air.

Gunung ini pernah meletus pada tahun 1964 dengan menghanguskan ribuan ternak, delapan orang, dan meratakan beberapa desa terdekat dari gunung Arenal. Agar lebih maksimal melihat keindahan gunung yang berada di tengah-tengah perairan ini adalah di observatorium Arenal yang berjarak sekitar 10 km. Di tempat inilah setiap tahunnya ribuan pengunjung menikmati keindahan Arenal.

Selain keindahan lahar panas yang terus mengalir dari puncak, juga banyaknya kolam air panas alami yang terbentuk di lereng gunung. Kola-kolan alami ini juga menjadi tempat yang sangat menarik dikunjungi wisatawan. Mudahnya akses dan keamanan yang terjamin menuju kawasan wisata gunung berapi Arenal menjadi alasan kuat semakin tingginya tingkat kunjungan ke kawasan ini.(**)

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, November 2012

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com