5 Festival Para Penganut Neo-Paganisme

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Paganisme adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk praktek spiritual di Eropa sebelum kedatangan Kristen,  menyangkut tradisi kepercayaan kepada banyak tuhan, dewa dan dewi atau agama masyarakat jahiliyah dari kaca mata barat atau Kristen. Ia memiliki konotasi kepercayaan berbagai tuhan, spiritual, dan praktek animistik. Berikut event atau festival dari para penganut neo-paganisme:

1. Pagan Pride

Pagan Pride (Kebanggaan Pagan} adalah gerakan penganut pagan Amerika untuk membangun citra publik yang positif dari Paganisme. Grup Lokal Pagan Pride mensponsori “Pagan Pride Day” festival, yang biasanya dilakukan di lokasi publik seperti taman kota atau kampus universitas.

Didirikan pada tahun 1997, Logo proyek ini menunjukkan simbol Pagan seperti encircling the Earth – simbol yin/yang, salib Celtic, Mjollnir, simbol Triple Dewi, Eye of Horus, Venus dari Willendorf, ankh, pentagram, triskelion, Batu Megalit, Green Man, Enneagram, dan Pohon kehidupan Kabbalistik.

Pagan Pride adalah acara tahunan yang diadakan di berbagai lokasi di seluruh dunia. Perayaannya sangat beragam seperti piknik atau masak yang diadakan di sebuah taman lokal.

 

[spoiler]

Pagan Pride Day Festival (Sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Pagan Spirit Gathering

Pagan Spirit Gathering (PSG) adalah salah satu festival tertua dan terbesar di Amerika Serikat, diselenggarakan oleh Circle Sanctuary. Dimulai sejak tahun 1980 yang awalnya, diadakan di di Grant County Wisconsin, tetapi dipindahkan pada tahun 1997 ke lokasi dekat Athena, Ohio di Wisteria. Pada tahun 2009, pindah ke PSG Camp Zoe dekat Salem, Missouri. Pada tahun 2011, manajemen PSG mengumumkan lokasi baru di Stonehouse Park dekat Earlville, Illinois.

 

[spoiler]

Pagan Spirit Gathering (Sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Konsili Magickal Arts

Konsili Magickal Arts atau CMA, Inc adalah organisasi Neo-pagan terbesar di Texas, dan menjalankan salah satu festival Neo-pagan terbesar di Amerika Serikat dengan lebih dari seribu peserta. Didirikan pada tahun 1980, CMA diadakan di tanah yang disebut SpiritHaven. CMA beranggotakan hampir 3000 orang dan kehadiran sekitar 1400 orang pada festival, membuatnya menjadi salah satu festival besar Pagan reguler dunia.

 

[spoiler]

Salah satu festival besar Pagan reguler dunia (Sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Free Spirit Aliansi

Free Spirit Aliansi (FSA) adalah jaringan organisasi rohani non-profit melayani masyarakat Pagan dan Pantheist. Didirikan pada 21 Mei 1986 dan berbasis di wilayah Mid-Atlantik di Amerika Serikat. Fokus Aliansi menyajikan peristiwa-peristiwa regional dan lokal di mana orang-orang dari berbagai latar belakang bisa belajar dan berbagi ide. Acara utama FSA adalah Gathering Free Spirit, yang diselenggarakan pada bulan Juni.

Gathering Free Spirit organisasi terbesar, yang menarik orang-orang dari jauh seperti Washington, California, Hawaii, Texas, Minnesota dan Kanada. Ini adalah salah satu festival Pagan tertua di negeri ini, merayakan tahun ke-25 pada tahun 2010, dan pada tahun-tahun puncak telah memiliki kehadiran lebih dari 800 orang.

 

[spoiler]

Free Spirit Aliansi (Sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Gnosticon

Gnosticon, kadang-kadang disebut Gnostica Aquarian Konvensi, adalah peristiwa magis dan neopagan disponsori oleh Carl L. Weschcke dan Llewellyn Publicion dari tahun 1971 sampai 1976, yang diselenggarakan di Minneapolis, Minnesota, salah satu yang pertama yang akan diadakan di Amerika Serikat.

Gnosticon awalnya merupakan sebuah festival yang disebut “First American Aquarian Festival of Astrology and the Occult Sciences”. Festival ini menarik banyak orang-orang terkenal, Wicca Witches, Penyihir neopagan, termasuk Jonn Mumford, Selena Fox dan Jim Alan (pendiri Lingkaran Sanctuary), Isaac Bonewits ( pendiri Ar nDraiocht Fein), dan Gavin Frost dan Yvonne Frost (pendiri Gereja dan Sekolah Wicca. Kemudian festival ini akhirnya diberi nama dan menjadi dikenal sebagai ‘ ‘Gnosticon.(**)

 

[spoiler]

ilustrasi (Sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: wikipedia.org dan berbagai sumber, old.uniknya.com, November 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com