5 Benda Koleksi yang Unik

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]:Ketika yang laing mengoleksi prangko, kliping berita di koran, kupu-kupu, mobil tua, motor tua, piringan hitam, kaset-kaset jadul dan sebagai. Para kolektor berikut ini malah mengoleksi benda-benda yang tidak terpikirkan oleh kita, atau membuat kita merasa mual dan ngeri. Namun benda-benda unik ini bagi mereka ternyata memiliki nilai seni, sehingga mereka rela berburu. Beberapa bahkan dikatakan kontroversial dan sensasional. Benda apa sajakah itu? Berikut old.uniknya.com merangkum 5 benda koleksi yang unik:

1. Binatang yang Diisi Benda Padat

[spoiler]

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Benda koleksi yang unik ini adalah hasil karya Walter Potter (1835-1918), diorama dari hewan-hewan yang telah dikuliti kemudian dimasukan kapas dan material lainnya ke dalam tubuh mereka sehingga terlihat padat. Hasil karya Potter masih dapat Anda temui di museum yang terletak di Bramber, Sussex, Inggris. Bahkan hasil karya Potter berupa awetan landak berhasil memukau sejumlah pengunjung di Great Exhibition yang berlangsung pada 1851. Namun sayangnya benda koleksi ini rusak dan dilelang pada 2003.

2. Kepala yang Diawetkan

[spoiler]

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Telah lebih dari satu tahun Jenderal Horatio Gordon Robley (1840-1930) membuat gambaran detail mengenai kehidupan Suku Maori awal (pribumi Selandia Baru), hingga wajah dan tattoo di tubuh mereka. Dan yang lebih gilanya lagi ia mengoleksi kepala-kepala mereka sebagai benda seni. Saat ini lima koleksi kepala Suku Maori miliknya disimpan di Museum of Natural History New York, Amerika Serikat. Saat ini dikabarkan pemerintah Selandia Baru berusaha mendapatkan kembali koleksi tersebut, termasuk koleksi milik Suku Maori di museum lainnya.

3. Koleksi Rambut Selebritas

[spoiler]

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Benda koleksi unik berikut ini adalah rambut yang dipotong milik selebritas ternama dunia. Mulai dari Abraham Lincoln, Marilyn Monroe, Albert Einstein, John Lennon hingga Elvis Presley. Bahkan ketika Britney Spears memotong rambutnya pun John Reznikoff berusaha memilikinya. Reznikoff dikenal sebagai kolektor yang mendonasikan rambut milik komposer dunia, Beethoven kepada Lifegem, sebuah perusahaan yang membuat tugu, prasasti, peringatan tokoh-tokoh popular dan penting dunia.

4. Murderabilia

[spoiler]

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Benda koleksi ini bukan saja unik namun juga mengerikan. Sementara sang “Killer Clown,” John Wayne gacy menghabiskan hidupnya di dalam penjara, Rick Staton menjadi penjual lukisan yang eksklusif, bahkan menjadikan kolektor pertama ‘murderabillia’ di Amerika Serikat.  Beberapa selebritas yang menjadi pelanggannya adalah  Joe Coleman, Lux Interior, Poison Ivy (the Cramps) dan Marilyn Manson. Meski demikian, ‘the Son of Sam Law’ tidak memperbolehkan sang pembunuh mendapatkan keuntungan langsun dari lukisan murderabillia, melainkan nama dan kejahatan mereka yang semakin diingat. Bahkan fenomena ini mengundang sebuah reaksi yang dikenal dengan ““Stop The Sale Of Murderabillia To Protect The Dignity Of Crime Victims Act”.

5. Cetakkan ‘Burung’ Milik Selebritas

[spoiler]

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

Untuk kali pertamanya Cynthia Plaster memulai kesenangan uniknya adalah ketika bertemu dengan para pria yang ‘luar biasa’ untuk menyelesaikan tugas kuliahnya. Saat itu Cyinthia memiliki tugas kuliah yang unik yakni memilih dan mencetak ‘burung-burung’ milik para pria. Namun untuk mendapatkan obyek tugasnya tersebut Cynthia memilih para musisi rock berserta manajer mereka sebagai subyeknya. Bahkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal Cynthia meminta izin untuk melakukan sentuhan tertentu terhadap ‘burung’ tersebut. Selain koleksi ‘burung’ ia pun mengoleksi ‘sangkar’nya. Beberapa pendonor ‘burung’ terbaiknya adalah Jimmy Hendrix, jello Biafra dan Karen O di antara banyak donor lainnya.(**)

Sumber: Listverse.com, old.uniknya.com, November 2012.

One Response to 5 Benda Koleksi yang Unik

  1. Terima kasih kunjungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com