Hah? Pantai di Australia Mendadak Merah

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Sebuah fenomena langka baru-baru ini terjadi di sebuah pantai yang menjadi ikon kota Sidney, dimana gelombang air pantainya berubah menjadi warna merah seperti darah. Rupanya warna tersebut disebabkan oleh alga atau ganggang laut.

Fenomena ini terjadi ketika sejumlah ganggang berkumpul dalam satu lokasi dan melepaskan partikel. Ganggang adalah organisme sejenis tanaman yang bisa mengeluarkan warna berbeda-beda. Ganggang merah kali ini diduga muncul disebabkan oleh perbedaan suhu air laut memasuki musim gugur.

Meski dikenal tidak berbahaya, namun pantai Bondi Sydney di tutup untuk beberapa waktu. Sementara itu, pantai Clovelly dan laut Tasman yang merupakan pantai terdekat juga ditutup untuk diteliti oleh para ahli. Otoritas setempat juga melarang para pengunjung masuk ke air demi keamanan.

Seperti yang dilansir skynews, ganggang yang dikenal sebagai ‘noctiluca scintillans‘ atau ‘sea sparkle‘ itu belum terbukti memiliki efek racun bagi manusia – tapi para perenang disarankan untuk menghindari kontak langsung, karena kandungan amonia yang tinggi sehingga dikhawatirkan menyebabkan iritasi pada kulit.

Menurut penjaga pantai setempat, Bruce Hopkins mengatakan : “Ganggam yang memiliki bau amis tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit bagi beberapa orang, tapi umumnya tidak lebih dari itu”.

Namun, sejak ditutupnya wisata pantai, para penduduk setempat, turis dan ekspatriat sedikit kecewa karena mereka untuk sementara tidak bisa melakukan aktivitas berjemur. Meski begitu, mereka yang berkunjung ke pantai sekedar lewat menonton dari tepian dengan rasa tertarik melihat fenomena langka ini. (**)

Sumber : news.sky.com, old.uniknya.com, November 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com