5 Festival Musik Musim Panas Paling Bergengsi (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Bagi Anda yang menyukai musik, apalagi jika musik yang disukai dibawakan dalam format life, tak ada salahnya mengenal beberapa festifal musik musim panas dunia yang banyak menyedot perhatian insan musik dunia. Festival musik berikut diadakan diberbagai negara di dunia, dengan berbagai format berbeda yang rata0rata digabungkan dengan performance art. Berikut festival yang dimaksud:

 

1. Festival Woodstock

 

Woodstock Music and Art Fair adalah konser yang diadakan di tanah peternakan Max Yasgur yang luasnya 240 hektare di Bethel, New York dari 15 Agustus hingga 18 Agustus 1969. Bethel (Sullivan County) terletak 69 km barat daya desa Woodstock, New York yang berbatasan dengan Ulster County.

 

[spoiler]

(sumber : blogspot.com, wordpress.com, old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Festival Woodstock merupakan simbol budaya tandingan pada akhir tahun 1960-an hingga awal 1970-an sekaligus zaman hippie. Sejumlah 32 musisi terkenal waktu itu tampil dalam konser yang berlangsung pada akhir pekan di tengah cuaca yang kadang-kadang turun hujan. Festival tahun 1969 secara luas dianggap sebagai salah satu peristiwa terbesar dalam sejarah musik pop, dan masuk ke dalam “Daftar 50 Peristiwa yang Mengubah Sejarah Rock and Roll” versi majalah Rolling Stone.

Jalannya festival ini direkam dalam film dokumenter berjudul Woodstock produksi tahun 1971. Selain itu, rekaman konser dirilis dalam bentuk album musik film, Woodstock: Music from the Original Soundtrack and More. Joni Mitchell juga menulis lagu “Woodstock” untuk memperingati Festival Woodstock. Lagu ini menjadi hit setelah dinyanyikan kembali oleh Crosby, Stills, Nash & Young.

2. Newport Folk Festival

Newport Folk Festival adalah festival musik tahunan America di Newport, Rhode Island, yang dimulai pada tahun 1959. Festival ini menampilkan pertunjukan folk, blues, country, bluegrass dan folk rock, dan sejak 1990 telah menampilkan pemain dari genre kontemporer, seperti alternative country, indie folk dan folk punk.

 

[spoiler]

(sumber : blogspot.com, wordpress.com, old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Festival Newport Folk didirikan pada tahun 1959 oleh George Wein, pendiri Festival Newport, didukung oleh: Theodore Bikel, Oscar Merek, Pete Seeger, dan Albert Grossman.

3. Sasquatch Music Festival
[spoiler]

(sumber : blogspot.com, wordpress.com, old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sasquatch Music Festival adalah festival musik yang diadakan setiap tahun di Gorge Amphitheatre di George, Washington. Acara ini diadakan oleh House of Blues. Memang festival musik yang satu ini lebih menekankan pada band indie rock dan penyanyi-penulis lagu, meskipun ada juga rock alternatif, hip hop, dan komedi performence. Dalam beberapa tahun terakhir malahan elektronik dance music (EDM) telah meramaikan Sasquatch!

4. South by Southwest (SXSW) Festival
[spoiler]

(sumber : blogspot.com, wordpress.com, old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

South by Southwest (SXSW) adalah festival musik, konfrensi film yang berlangsung setiap musim semi (biasanya dalam bulan Maret) di Austin, Texas, Amerika Serikat. SXSW dimulai pada tahun 1987, dan terus berkembang setiap tahunnya. South by Southwest diadakan oleh sebuah perusahaan, yang disebut SXSW Inc, yang merencanakan dan mengeksekusi konferensi, pameran dagang, festival dan acara lainnya.

5. Bumbershoot Festival
[spoiler]

(sumber : blogspot.com, wordpress.com, old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Bumbershoot adalah festival musik dan seni internasional tahunan yang diselenggarakan di Seattle, Washington. Bumbershoot merupakan salah satu festival terbesar di Amerika Utara, diselenggarakan setiap akhir pekan pada Hari Buruh pada tanah yang luasnya74-acre (299.000 m²) Seattle Center, yang dibangun untuk World Fair 1962. Seattle Center meliputi teater dalam ruangan, tahap outdoor, McCaw Hall, dan Stadion Memorial. Nama festival ini diambil dari Bumbershoot, istilah sehari-hari untuk payung, mungkin diciptakan pada abad ke-19 portmanteau dari kata payung dan parasut.(**)

 

Sumber: listverse.com dan berbagai sumber, old.uniknya.com, November 2012

One Response to 5 Festival Musik Musim Panas Paling Bergengsi (Bagian II – Habis)

  1. gak salah nih ? gak ada Rock-Am-Ring sama Vans Warped tour ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com