5 Piramida dari Peradaban Tua di Dunia

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Dalam sejarah konstruksi bangunan piramida digunakan sudah sejak lama. Bangsa bangsa Mesir kuno maupun bangsa Maya dikenal menggunakan bangunan piramida sebagai makam raja-raja masa dahulu serta sarana ibadah (pemujaan) selain ada dugaan sebagai tempat penimbunan (gudang) pangan sejak zaman ketika persiapan menghadapi musim paceklik ataupun tempat penyimpanan harta. Terlepas dari fungsinya apa, berikut 5 piramida dari peradaban tua di dunuia:

 

1. Situs Gunung Padang, Indonesia

Situs Gunungpadang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunung padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Luas kompleks “bangunan” kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.

Lokasi situs berbukit-bukit curam dan sulit dijangkau. Kompleksnya memanjang, menutupi permukaan sebuah bukit yang dibatasi oleh jejeran batu andesit besar berbentuk persegi. Situs itu dikelilingi oleh lembah-lembah yang sangat dalam. Tempat ini sebelumnya memang telah dikeramatkan oleh warga setempat. Penduduk menganggapnya sebagai tempat Prabu Siliwangi,raja Sunda, berusaha membangun istana dalam semalam.

Fungsi situs Gunung padang diperkirakan adalah tempat pemujaan bagi masyarakat yang bermukim di sana pada sekitar 2000 tahun S.M. Hasil penelitian Rolan Mauludy dan Hokky Situngkir menunjukkan kemungkinan adanya pelibatan musik dari beberapa batu megalit yang ada. Selain Gunungpadang, terdapat beberapa tapak lain di Cianjur yang merupakan peninggalan periode megalitikum.

Berbagai temuan tim terpadu penelitian mandiri Gunung Padang ini akhirnya dilakukan uji radiometrik karbon (carbon dating, C14). Menariknya hasil uji karbon pada laboratorium Beta Miami, di Florida AS, menera bahwa karbon yang didapat dari pengeboran pada kedalaman 26 meter berusia 25.000 BF. Usia “piramida” Gunung Padang diperkirakan 4.700-10.900 tahun sebelum Masehi–bandingkan dengan piramida Giza di Mesir, yang hanya 2.500 SM. Namun pembuktian belum maksimal, dan ini menyebabkan pakar geologi masih ragu terhadap “piramida” itu. Terlalu dini untuk diumumkan.

 [spoiler]

Situs Gunung Padang(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Piramida Giza, Mesir

Piramida Mesir adalah sebutan untuk piramida yang terletak di Mesir yang dikenal sebagai “negeri piramida“. Di Mesir umumnya piramida digunakan sebagai makam raja-raja Mesir Kuno yang dikenal dengan nama firaun. Piramida pun tidak dibuat sembarangan. Para insinyur Mesir kuno menghitung dulu jarak piramida dengan matahari, karena matahari adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan masyarakat Mesir kuno. Ilmuwan masa kini pun mengakui kehebatan mereka dalam membangun piramida yang termasuk tujuh keajaiban dunia ini. Waktu, harta, dan tenaga yang dikeluarkan demi pembangunan piramida pun luar biasa banyaknya. Pembangunan piramida membutuhkan waktu sekitar dua puluh tahun dan mempekerjakan lebih dari sepuluh ribu budak, dan banyak yang nyawanya melayang. Piramida terbesar berada di Giza.

 [spoiler]

Piramida Giza, Mesir(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Chichen Itza, Meksiko

Chichen Itza adalah suatu Situs Peradaban Maya di Meksiko pada abad 800 SM. Piramida Kukulcan di kompleks situs bersejarah ini dipercaya sebagai pusat kegiatan politik dan ekonomi peradaban bangsa Maya yang terletak di Semenanjung Yucatan (kini wilayah Meksiko). Itza merupkan titik sentral kompleks bangunan lainnya seperti Piramida Kukulcan, Candi Chac Mool, dan bangunan Seribu Tiang

Chichen Itza merupakan peninggalan arkeologi suku Maya yang paling lengkap serta masih terawat dengan baik. Situs peradaban Maya di Meksiko ini, pada 7 Juli 2007, terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia hasil pilihan 100 juta orang via email dan sms yang diadakan oleh Swiss Foundation.

Menurut buku budaya suku Maya dari Chilam Balam, kompleks candi ini dibangun antara tahun 502-522 Masehi. Suku Maya hanya menempatinya selama 200 tahun, kemudian mereka berpindah ke daerah pantai di Campeche. Namun versi lain mengatakan, Chichen Itza dibangun sekitar 800 tahun sebelum masehi. Piramida Kukulcan di kompleks situs bersejarah ini dipercaya sebagai pusat kegiatan politikdan ekonomi peradaban bangsa Maya yang terletak di Semenanjung Yucatan (kini wilayah Meksiko).

 [spoiler]

Chichen Itza, Meksiko(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Piramida Bulan, Meksiko

Piramida Bulan adalah piramida terbesar kedua di Teotihuacan, Meksiko setelah Piramida Matahari. Terletak di bagian barat dari Teotihuacan dan meniru kontur gunung Cerro Gordo, tepat di sebelah utara situs. Beberapa orang menyebutnya Tenan, yang dalam bahasa Nahuatl, berarti “ibu atau batu pelindung.” Piramida Bulan mencakup struktur yang lebih tua dari Piramida Matahari yang ada sebelum 200 Masehi.

Konstruksi Piramida ini antara 200 dan 450 Masehi menyelesaikan simetri bilateral dari kompleks candi. Sebuah kemiringan di depan tangga memberikan akses ke Avenue of the Dead, sebuah platform di atas piramida itu digunakan untuk melakukan upacara untuk menghormati Dewi Besar dari Teotihuacan, dewi air, kesuburan, bumi, dan bahkan penciptaan itu sendiri. Ini platform dan patung yang ditemukan di bagian bawah piramida demikian didedikasikan untuk Dewi besar.

Opposite altar Dewi Agung adalah Plaza of the Moon. The Plaza berisi altar pusat dan konstruksi yang asli dengan perpecahan internal, yang terdiri dari empat persegi panjang badan dan diagonal yang membentuk apa yang dikenal sebagai “Salib Teotihuacan.”

 [spoiler]

Piramida Bulan, Meksiko(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Piramida Argolis, Yunani

Piramida Yunani, juga dikenal sebagai Piramida Argolis, mengacu pada beberapa struktur yang terletak di dataran Argolid, Yunani. Yang paling terkenal diantaranya adalah Piramida Hellinikon. Piramid ini didedikasikan untuk makam para prajurit yang tewas dalam pertempuran epik sekitar 669/8 SM.(**)

[spoiler]

Piramida Argolis, Yunani (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber; dari berbagai sumber, old.uniknya.com, November 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com