5 Perempuan yang Popular di Jalur Indie (Bagian II – Habis)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Menjelaskan kata ‘indie’ tidaklah mudah, bahkan indie seringkali dihubungkan dengan pergerakan para musisi yang mandiri, mulai dari memproduksi dan mendistribusikan musik. Namun saat ini indie dapat juga dikatakan sebagai salah satu pergerakan yang dilakukan oleh para seniman, penulis,komedian dan perancang busana, bahkan atlet yang menggeluti dunianya tanpa harus memikirkan kepentingan pasar atau audiens secara umum. Bahkan mereka tidak takut hasil karyanya tidak laku, karena berlawanan dengan apa yang dilakukan oleh industri mapan. Bahkan mereka berani bermain di film-film dengan dana seadanya, berkomedi di klub pinggiran kota, hanya untuk mengabdikan diri pada apa yang diyakininya. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 Perempuan yang Popular di Jalur Indie:

1. Miranda July

[spoiler]

Miranda July(sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Perempuan yang satu ini besar di kawasan hippie di Berkeley, sehingga tak heran apabila ia memiliki talenta yang beragam untuk menunjang kariernya. Ia adalah pembuat film, aktris dan penulis. Ia adalah perempuan yang konsisten dan memulai perjuangannya mulai dari panggung kecil dan seni video instalasi di sebuah museum, hingga ke panggung dan film lebar. Ia telah menggantungkan hidupnya dari berkesenian sejak usia 23 tahun.

 

2. Tracey Heggins

[spoiler]

Tracey Heggins(sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Perempuan indie yang satu ini hanya memainkan peranan kecil dalam sebuah serial televisi, sebagai pramugari di Journeyman dan seniwati di Lincoln Heights. Wajah Tracey yang eksotis membawanya untuk membintangi sebuah film indie Medicine  for Melancholy. Hasilnya, ia bersama lawan mainnya Wyatt Cenac dari The Daily Show, berhasil memukau semua yang hadir di Festival Circuit tahun lalu.

 

3. Joanna Newsom

[spoiler]

Joanna Newsom(sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

Joanna adalah musisi musik klasik yang memainkan harpa. Ia memainkan Appalachian kemudian dicampurkan dengan musik folk avant garde, keunikan warna suaranya pun sangat mengagumkan bahkan ada yang menyamakannya dengan Bjork. Ia memang tidak melatih vokalnya secara khusus, namun dengan lirik yang imajinatif membuatnya mudah dicerna di telinga musisi seperti Wild Oldham dan Cat Power. Dua musisi yang mengundang Joanna untuk bermain bersama dalam satu panggung. Bukan itu saja, dengan harpanya ia mampu berkeliling negara dan memainkan jenis musik apapun di berbagai klub musik indie.

 

4. Amanda Blank

[spoiler]

Amanda Blank(sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Blank adalah rapper yang berasal dari  kawasan Philadelphia, ia menggabungkan ‘kekasaran’ irama musik rap dengan penampilan yang flamboyan. Amanda Blank dikenal sebagai vokalis band rock Sweatheart, meski saat ini ia sedang fokus membuat album solo. Perempuan yang satu ini merupakan bagian dari scene musik alternatif hip-hop, Spank Rock, di Kota Baltimore. Dalam aksi panggungnya Amanda termasuk berani dalam hal penampilan, setengah telanjang sekalipun.

 

5. Neko Case

[spoiler]

Neko Case(sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Neko merupakan musisi indie yang popular, melalui band Her Boyfrieds dan The New Pornographer ia memulai langkahnya sebagai musisi Indie. Sebagai seorang vokalis, ia benar-benar memukau para penggemarnya di setiap pertunjukkan. Sementara musiknya sendiri cukup sulit untuk dikategorikan terkadang terdengar country atapun rock n’ roll. Ia adalah perempuan yang menyenangkan, untuk berdiskusi atau sekedar membicarakan keseharian. Neko adalah orang yang tegas, susah ditebak, lucu dan yang sulit dilupakan adalah rambut merahnya.(**)

 Sumber: askmen.com, old.uniknya.com, November 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com