Konsep Unik Restoran: Makan Sambil Berdiri di Jepang

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Jepang memang terkenal dengan kesibukan warganya yang selalu dikejar waktu. Biasanya, para pekerja yang merasa lapar tapi tidak punya banyak waktu, maka restoran cepat saji menjadi pilihan yang tepat. Namun, sejumlah restoran cepat saji di Jepang menawarkan pelanggannya untuk terbiasa makan sambil berdiri.

 

Makan Sambil Berdiri di Jepang(sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

Konsep makan sambil berdiri ini sendiri dalam bahasa Jepang disebut Tachiguisi. Ini adalah konsep makanan cepat saji ala Jepang. Dulu ketika jaman Edo, orang Jepang memilih onigiri sebagai makanan cepat saji. Ketika orang Jepang mulai bosan makan onigiri yang hanya berupa nasi kepal dengan nori (rumput laut kering), orang Jepang mulai menciptakan sushi, nasi kepal dengan lauk di atasnya. Namun makan sushi tidak bisa sepraktis onigiri yang bisa dimakan sambil berdiri, maka diciptakanlah sebuah konsep rumah makan sushi yang pengunjungnya makan sambil berdiri.

Nah, Salah satu restoran yang terkenal dengan konsep makan sushi sambil berdiri adalah ‘Standing Sushi Bar‘ Uogashi Nihon-Ichi. Ya, inilah solusi bagi para karyawan yang ingin menikmati makan sushi yang lezat tetapi tidak punya banyak waktu.

Sushi yang disajikan di sini, terbuat dari bahan-bahan yang segar, dan dengan waktu yang cepat dan disajikan dalam keadaan fresh. Koki akan membuat langsung sushi yang kita mau tanpa waktu yang lama. Makan sushi sambil berdiri pun sepertinya bisa menjadi pengalaman yang menarik.

Makan Sambil Berdiri di Jepang(sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

Nah, selain ‘Standing Sushi Bar‘, ada juga restoran lain yang menyajikan konsep yang serupa, seperti Izakaya Bar. Disinilah Bar bernuansa khas Jepang yang menyediakan minuman beralkohol berikut hidangan sederhana untuk teman minum-minum. Berbeda dari rumah makan, menu utama di izakaya adalah minuman beralkohol sedangkan makanan hanya sebagai sampingan.

Izakaya berbeda dari bar atau pub yang bernuansa khas Barat dan menjual minuman keras khas Barat. Minuman keras yang dijual di izakaya umumnya seperti bir, sake, atau chūhai. Hidangan yang disediakan di izakaya juga lebih bervariasi dibandingkan hidangan di bar atau pub. Saking sibuknya orang Jepang, bahkan konsep tempat santai seperti ini pun dibuat sambil berdiri. (**)

Sumber : j-cul.com, old.uniknya.com, November 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com