5 Benda Indah Terbuat Dari Cokelat (Bagian II-Habis)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Menurut catatan sejarah untuk kali pertamanya cokelat dikonsumsi adalah oleh penduduk Mesoamerika kuno –sebuah wilayah di Meksiko, yakni sebagai minuman. Dan hingga saat ini cokelat yang terbuat dari biji cacao (Theobroma cacao) semakin mendunia dengan beragam olahannya. Namun selain untuk dikonsumsi ternyata ada segelintir orang yang sengaja membuat sebuah karya instalasi seni dengan menggunakan cokelat, dan rela menghabiskan berton-ton jumlahnya. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 benda terbuat dari cokelat:

 

1. Sepatu Cokelat

[spoiler]

Sepatu Cokelat(sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Sepatu yang cantik dan menggemaskan di dalam foto tersebut bukanlah sembarang sepatu, karena sepatu tersebut dibuat atas dorongan intuisi dan cokelat. Sepatu tersebut dibuat oleh seorang ahli cokelat Phil Neal untuk sebuah toko cokelat mewah yang berlokasi di West London. Phil melalui replika tersebut seperti Phil berhasil memikat perempuan dengan sepatu sekaligus cokelat.

Sepatu yang tidak bisa digunakan namun dapat dimakan tersebut berasal dari cokelat yang sengaja didatangkan dari daratan Venezuela (Theobroma cacao). Bukan sepatunya yang melumerkan hati perempuan dan gadis, melainkan kotak sepatunya pun terbuat dari cokelat. Dan sepertinya replika cokelat tersebut sepertinya cocok untuk dijadikan sebagai hadiah perkawinan, ataupun untuk membuktikan rasa sayang Anda.

 

2. Papan Catur Cokelat

[spoiler]

Papan Catur Cokelat(sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Papan-papan catur yang terdapat di foto tersebut terbuat dari cokelat, dan akan menjadi permainan yang menyenangkan ketika dimainkan oleh sepasang kekasih. Anda tidak saja dapat benar-benar memakan budak, melainkan raja dan ratu caturnya pun sangat lezat. Banyak produsen makanan cokelat membuat set catur dengan harga yang bersaing, mulai dari kisaran 5 hingga 235 poundsterling. Wow! Harga yang cukup fantastis untuk sebuah permainan, camilan dan kehangatan.

 

3. Patung Cokelat

[spoiler]

Patung Cokelat(sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Karya seni patung cokelat yang tedapat di dalam foto tersebut merupakan hasil kreasi Shigeo Hirai, seorang ahli cokelat asal Jepang. Dan Shigeo bukanlah chef dan ahli yang biasa, ia berhasil membuktika bahwa dirinyalah yang terbaik di antara para chef dan ahli cokelat dunia dengan menjuarai kompetisi World Chocolate Masters pada 2009 lalu. Di dalam kompetisi tersebut ia harus bersaing dengan para master yang berasal dari 18 negara di dunia. Namun akhirnya Shigeo berhasil menaklukan para pesaingnya tersebut dalam acara bergengsi para chef dunia yang diadakan di Paris, Perancis.  Untuk membuat patung cokelat tersebut  Shigeo membutuhkan lebih dari 33 pon cokelat Barry Callebaut.

 

4. Istana Cokelat

[spoiler]

Istana Cokelat(sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Istana yang terbuatd aru 1.500 pon cokelat ini menjadi perhatian para pengunjung Sarris Candies di Canonsburg, Pennsylvania. Dan utnuk membuatnya saja memerlukan lima orang untuk membuatnya dan dua bulan untuk menyelesaikannya. Istana ini pun dihiasai dengan berbagai bahan yang terbuat dari permen.

 

5. Ferrari Formula-1 Cokelat

[spoiler]

Ferrari Formula-1 Cokelat(sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Ferrari seperti berusaha mempermanis citra mereka dengan membuat sebuah replika Formula-1, F2008 berbahan cokelat. Proyek pembuatan replika tersebut dilakukan pada 2007 dikabarkan telah menghabiskan 2.000 kg cokelat Belgia.

“Proyek ini dilakukan hanya untuk bersenang-senang,” ucap presiden Scuderia Ferrari Club Napoli, Luigi Liberti.

“Namun ternyata para chef di Club Pasticcerti Italiani menjadikannya karya pahat luar biasa, bahkan ukurannya pun menjadi yang sebenarnya,” tambah Luigi.

Semua bagian dari F2008 ini bisa dimakan. F2008 ini dipamerkan di sebuah pesta yang diadakan oleh Ferrari di Sorrento, Naples, Italia. (**)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, November 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com