Kelahiran 14 November (Jawaharlal Nehru)

[UNIKNYA.COM] Jawaharlal Nehru (bahasa Hindi: जवाहरलाल नेहरू, lahir 14 November 1889 – meninggal 27 Mei 1964 pada umur 74 tahun) merupakan negarawan India yang pertama (dan yang paling melayani terlama) sebagai perdana menteri India dari tahun 1947 sampai 1964.

 

Jawaharlal Nehru (sumber: blogspot.com)

 

Sebagai tokoh terkemuka dalam kemerdekaan gerakan kemerdekaan India, Nehru terpilih oleh Partai Kongres untuk memangku jabatan Perdana Menteri independen India yang pertama, dan terpilih kembali saat Partai Kongres memenangkan pemilihan umum pertama India pada tahun 1952.

Diajuga seorang tokoh penting dalam politik internasional di era pasca-perang. Dia sering disebut Pandit Nehru (“pandit” dalam bahasa Sanskerta dan Hindi artinya “sarjana” atau “guru”) dan khususnya di India, sebagai Panditji (dengan “-ji” menjadi akhiran nama kehormatan).

Sebagai putra seorang pengacara dan politikus asal India yang kaya, Motilal Nehru, Nehru menjadi seorang pemimpin sayap kiri Kongres Nasional India saat masih cukup muda. Kenaikan pangkat untuk menjadi Presiden Kongres, di bawah bimbingan dari Mahatma Gandhi, Nehru adalah seorang pemimpin karismatik dan radikal, menganjurkan kemerdekaan penuh dari Kerajaan Inggris.

 

Jawaharlal Nehru (sumber: blogspot.com)

 

Dalam perjuangan yang panjang untuk kemerdekaan India, di mana ia menjadi juru kunci, Nehru akhirnya diakui sebagai pewaris politik Gandhi. Sepanjang hidupnya, Nehru juga menjadi advokat untuk sosialisme Fabian dan sektor publik sebagai sarana yang ditantang lama dari pengembangan perekonomian dapat diatasi oleh negara-negara miskin.

Sumber : Wikipedia.org, old.uniknya.com, November 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com