5 Lengan dan Kaki Palsu yang Unik (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Bagi penyandang cacat tubuh seperti tuna daksa, memiliki sepasang lengan atau sepasang kaki mungkin suatu impian terbesar yang diidam-idamkannya semenjak lama. Dan kini dengan berbagai cara, orang telah mampu merealisasikan impian tersebut, dengan menciptakan kaki dan lengan palsu “khusus” yang dapat membuat mereka beraktifitas kembali layaknya manusia normal. Berikut beberapa lengan dan kaki palsu yang dimaksud:

 

1. Kaki Palsu Ekor Putri Duyung

Saya yakin bahwa Anda telah mendengar tentang Weta Workshop sebelumnya, karena mereka adalah sekelompok orang yang bertanggung jawab untuk membuat efek khusus untuk film “The Lord of the Rings” dan “The Chronicles of Narnia”. Weta sekarang telah menciptakan ekor putri duyung yang dapat berfungsi penuh untuk orang yang kedua kakinya harus diamputasi.

Awal ide tersebut di mulai ketika Nadya Vessey, yang juga tuna daksa berada di kolam renang dan seorang anak kecil melihat dia dengan kaki palsu nya. Anak itu bertanya banyak pertanyaan, dan dia bercanda menyebut dirinya sebagai putri duyung. Ini memberinya ide, dan dia berkonsultasi padaWeta Workshop prostetik departemen untuk membuat ekor putri duyung. Mereka merubah Nadya menjadi “putri duyung”, dan dia kini bisa berenang cukup baik di kolam renang.

 [spoiler]

Kaki Palsu Ekor Putri Duyung (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Kaki Palsu Modern

3D Printing telah menjadi alat yang sangat kuat untuk aplikasi kaki palsu yang berbeda. Proyek ini menggunakan teknologi ini untuk merancang sebuah kaki palsu yang disesuaikan untuk pengguna muda yang spesifik, seperti atlet bola basket. Dan merek sepatu Nike terpilih sebagai perusahaan yang tepat untuk mensponsori kaki palsu ini,  yang modelnya dibuat oleh designer: Colin Matsco.

 [spoiler]

Kaki Palsu Modern (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Kaki Palsu Ala “Robotic”

Reddit pengguna captaincripple kehilangan kakinya dalam sebuah kecelakaan sepeda. Dan kini Reddit yang telah menggunakan kaki palsu, melakukan langkah unik terhadap kaki buatannya tersebut. Dia menyuruh seseorang untuk mencat kakinya seperti kaki mekanik robot dengan teknik airbrush. Dan kini ia terlihat seperti setengah manusia, setengah robot, sesuatu yang 100%.

 [spoiler]

Kaki Palsu Ala “Robotic” (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Kaki Palsu Artistik

Tak jauh berbeda dengan kaki palsunya Reddit, Tim Beck juga melakukan hal yang sama. Ia mengecat sebuah kaki palsu dengan gambar lukisan yang indah dengan berbagai macam tema yang diinginkan kliennya.

 [spoiler]

Kaki Palsu Artistik (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Kaki Palsu Robot

Skinz-N-Hydez membuat kaki palsu yang seolah-olah memiliki berat 13-14 pon ini terlihat seperti kaki robot. Namun sebenarnya “kaki palsu” ini hanyalah sebuah cangkang semata yang di desain sedemikian rupa seperti layaknya sebuah kaki milik robot. Desain kaki palsu ini telah menambah daftar karya di galeri nya, yang sudah penuh dengan karya-karya sebelumnya.(**)

[spoiler]

Kaki Palsu Robot (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: oddee.com, old.uniknya.com, November 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com