Tradisi Unik ‘Kasur Pasir’

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM]: Ada yang unik dari tradisi masyarakat di Desa Legung Timur yang berlokasi di Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura. Di sini, semua masyarakat memiliki satu tradisi yang sudah berlaku turun-temurun, yaitu tidur di atas pasir.

 

Kasur Pasir (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

Pasir pantai memang lekat dengan kehidupan warga Dusun Lebbak. Segala aktivitas warga tidak bisa lepas dari pasir, hingga mereka lebih memilih tidur di tumpukan pasir daripada kasur empuk. Bahkan sekaya dan semewah apapun rumah di sana, warga tetap menyediakan petak di kamarnya untuk membuat ‘kasur pasir’.

Penduduk desa mengaku bahwa hanya pasir terbersih dan terbaiklah yang digunakan untuk tidur. Untuk membuat ‘kasur pasir’ itu bersih untuk ditiduri, mereka biasa membersihkannya dengan cara diayak, setiap pagi dan sore hari – penggantian pasir di ‘kasur pasir’ biasa dilakukan setahun sekali.

Para penduduk desa yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan, percaya bahwa pasir yang didatangkan dari pantai terdekat memiliki sifat mengobati, yang sangat membantu mereka dalam berbagai kondisi. Mereka percaya pasir dapat menyembuhkan penyakit rematik hingga gatal-gatal. Meski belum terbukti secara ilmiah, namun faktanya, pasir di daerah tersebut dapat beradaptasi terhadap suhu udara.

Misalkan bila udara panas, para warganya akan memanfaatkan pasir sebagai pendingin kaki. Pasir juga dapat memberikan kehangatan pada malam yang dingin.

Tidak hanya dipakai untuk tidur, ‘kasur pasir’ ini bahkan digunakan untuk melahirkan juga lho! Kabarnya, calon ibu di Batang-Batang menolak melahirkan di tempat lain selain di atas ‘kasur pasir’, hal ini sempat menjadi perdebatan dengan pihak medis, namun akhirnya pihak medis menuruti kemauan calon ibu di Batang-Batang dan menghargai niatan mereka untuk meneruskan tradisi leluhur, yang Cuma dI Indonesia! (**)

Sumber : oddityentral & berbagai sumber, old.uniknya.com, November 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com