Hah? Gajah Dapat Meniru Suara Manusia

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Para ilmuwan baru-baru ini telah menemukan seekor gajah Asia yang dapat meniru suara-suara manusia.

Video rekaman yang diambil dari Korea Selatan ini ialah bukti bahwa gajah tersebut dapat meniru suara pelatihnya.

 

Gajah Dapat Meniru Suara Manusia (sumber: blogspot.com)

 

Gajah tersebut dipanggil dengan nama Koshik. Ia dapat mengembangkan suara dari lima suku kata, dalam bahasa korea. Seperti mengucapkan kata “halo”, “baik”, “berbaring”, “tidak”, dan “duduk” – bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia.

Koshik merupakan satu-satunya gajah di Kebun Binatang Everland, Korea Selatan, yang telah berada disana selama lima tahun dan hanya bergaul dengan manusia.

Ahli biologi kognitif dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology, memperkirakan kemampuan Koshik ini berkembang sejak usia muda. Ia  mengadopsi suara untuk memperkuat hubungan dengan manusia, sebagai satu-satunya kontak sosial.

Pakar komunikasi gajah, Angela Stoeger dari Universitas Wina menyebutkan, terdapat dua aspek yang dibutuhkan untuk meniru suara manusia yaitu pitch dan timbre.

“Menariknya, Koshik dapat mencocokan kedua Pitch dan pola timbre secara bersamaan. Tak heran jika ia dapat meniru kata-kata pelatihnya secara akurat,” ungkap Angela. (**)

Sumber : news.sky.com, old.uniknya.com, November 2012 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com