5 Ikan Bertubuh Unik

Oleh : Afina Fatharani

[UNIKNYA.COM]: Keindahan ikan konon bisa membantu manusia yang memeliharanya terhindar dari stress akibat kesibukan sehari-hari. Dengan melihat keindahan ikan hias yang bergerak santai di dalam akuarium, seseorang bisa lebih rileks. Tidak hanya itu, memberi makan hias yang dipelihara di dalam akuarium atau kolam, juga memberikan kepuasan tersendiri. Menurut mereka yang memeilihara ikan hias, gerakan ikan saat berenang lambat serta warna yang indah, memberikan sugesti ketenangan kepada siapa saja yang melihatnya. Tidak hanya itu, akuarium ikan hias juga bisa membuat ruangan di rumah terasa lebih hidup dan dinamis. Berikut old.uniknya.com merangkm 5 ikan yang bertubuh unik:

 

1. Flatfish

Ikan flatfish masuk dalam kategori ikan yang memiliki tubuh unik. Sesuai dengan namanya, bentuk ikan ini datar, alias flat. Kedua mata berbaring pada satu sisi kepala. Beberapa spesies ikan ini, matanya ada yang menghadap ke kiri atas atau ke kanan atas. Dengan keunikan bentuk tubuh yang dimiliki, yaitu flat, ikan ini juga bisa menyamarkan diri pada saat berada di dasar laut. penyamaran kamuflase biasanya digunakan untuk menghindari ikan pemangsa yang lebih besar.

Karakteristik lain dari ikan ini adalah perpanjangan sirip punggung ke kepala. Beberapa flatfish juga dapat mengubah pigmentasi mereka atau tampil dengan warna yang mencolok. Cara perubahan pigmentasi atau warna dalam tubuh ikan flatfish, mirip dengan bunglon. Ikan flatfish ini biasanya memangsa ikan yang lebih kecil. Ikan ini mencari mangsa di air pertengahan atau bahkan hingga ke dasar laut. ikan flatfish ini memiliki berbagai ukuran dari oligolepis tarphops, yaitu panjang sekitar 4,5 cm dan berat 2 gr, ke Halibut Atlantik dengan ukuran panjang 2,5 m dan berat 316 kg.

Halibut adalah jenis flatfish terbesar. Ikan ini bisa ditemukan di perairan Kanda dan Amerika Serikat. Cara berkembang biak flatfish adalah bertelur, yang menetas menjadi larva yang menyerupai khas, simetris ikan. Pada awalnya ikan flatfish berbentuk bulat, tetapi seiring perkembangan hingga masa dewasa, bentuk ikan ini berubah jadi memanjang, selain memiliki insang, ikan ini juga memiliki kantung udara yang berfungsi saat berenang.

[spoiler]

Flatfish (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

2. Ikan Buntal

Ikan buntal sebenarnya dipercaya sebagai hewan air atau atau vertebrata paling beracun kedua di dunia setelah katak racun emas. Organ-organ bagian dalam tubuh ikan buntal seperti hati dan kulit mereka, menjadi racun bagi hewan lain atau siapa saja yang memangsanya. Kendati memiliki racun, ikan ini ternyata bisa menjadi makanan yang lezat seperti yang dilakukan sejumlah restoran di Jepang, tetapi karena memiliki racun, koki yang memasak ikan ini tentunya harus memiliki pengetahuan dan keahlian khusus atau mungkin juga harus bersetifikat.

Terlepas dari racun yang ada di dalam tubuhnya, ikan buntak ini ternyata memiliki bentuk yang unik. Sepintas ikan ini sama seperti ikan biasa lain di perairan laut. keunikan bentuk ikan buntal baru akan terlihat ketika ia menggelembungkan tubuhnya. Perubahan bentuk hingga badannya bulat seperti sebuah bola, dilakukan ikan buntal jika merasa terancam. Pada saat menggelembungkan tubuhnya, ikan ini juga seperti memiliki duri. Jika digambarkan, perubahan bentuk hingga menjadi unik dari ikan buntal ini mirip dengan buah durian.

Ikan buntal atau bahasa ilmiahnya tetraodontidae adalah sebuah famili dari ikan muara dan laut yang berasal dari ordo tetraodontiformes. Secara morfologi, ikan-ikan serupa yang termasuk famili ini mirip dengan ikan landak dengan tulang belakang luas yang besar. Nama ilimiah ikan buntal ini juga merujuk pada empat gigi besar yang terpasang di rahang atas dan bawah. Gigi tersebut digunakan untuk menghancurkan cangkang krustasea dan moluska, mangsa alami ikan buntal.

[spoiler]

Ikan Buntal (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

3. Ikan yang Memiliki Tangan dan Kaki

Hewan air atau ikan eksotis ini kadang disebut juga Mexican walking fish. Julukan tersebut diberikan karena ikan ini memiliki tangan dan kaki. Akan tetapi, axolotl bukanlah sejenis ikan, melainkan sejenis salamander langka yang terdapat di Meksiko. Axolotl adalah tipe salamander yang bisa menghabiskan masa hidupnya dalam bentuk larva. Panjang axolotl bisa mencapai 30 sentimeter. Namun, kebanyakan panjangnya hanya 15 sentimeter.

Warna tubuh axolotl rata-rata hitam atau cokelat kepirangan. Namun, banyak juga yang albino dengan warna yang lucu seperti merah muda, keunikan lain dari axolotl bukan hanya bentuk dan warna tubuhnya saja, tetapi juga insang yang berada di luat tubuh. Insang ini tampak berbeda di samping kepalanya sehingga sepintas tampak seperti tanduk. Orang-orang timur sering membuat fantasi yang mengaitkan axolotl dengan suatu legenda mengenai ular naga. Oleh karena itu, axolotl juga sering disebut ikan naga.

Axolotl termasuk kadal yang berumur panjang karena bisa hidup hingga 15 tahun. Meski ukuran terbesarnya rata-rata hanya 30 cm, tetapi untuk kasus tertentu juga ada axolotl yang berukuran raksasa. Seperti yang ditemukan di pedalaman Meksiko. Saat itu, axolotl memiliki panjang 1,4 m, temuan tersebut tentu saja mengejutkan, perlu diketahui, axolotl juga masuk ke dalam golongan hewan berbahaya karena dapat menyemburkan racun asin dari mulutnya. Namun, jika kelenjar racunnya dibuang, ikan ini tentu bisa menjadi peliharaan yang lucu.

[spoiler]

Ikan yang Memiliki Tangan dan Kaki (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

4. Barreleye Fish, Ikan Transparan

Barreleye fish adalah ikan air laut yang memiliki kepala transparan dan mata bergolak. Mata ikan ini juga sangat sensitif terhadap cahaya. Matanya menunjuk ke atas ketika sedang mencari makan. Kedua bintik di atas mulut ikan barreleye ini bukan matanya, melainkan alat penciuman yang disebut nares. Ikan ini juga dikenal sebagai ikan mata-mata. Ikan ini bisa ditemui di perairan Atlantik, Pasifik, dan Hindia.

Keunikan bentuk ikan ini ada pada kubah kepalanya yang transparan. Organ tubuh lunak di bagian kepala barreleye yang kadang disebut ikan genong ini, benar-benar bisa dilihat oleh mata telanjang manusia. dengan bentuk kubah kepala yang transparan tersebut , memungkinkannya mata untuk mengumpulkn cahaya insiden bahkan lebih dan cenderung melindungi mara sensitif dari nematocyst atau sel penyengat. Hal ini juga dapat berfungsi sebagai lensa aksesori atau dibiaskan cahaya dengan indeks sangat dekat air laut.

Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa dolichopteryx longipes adalah satu-satunya vertebrata yang diketahui menggunakan cermin di mata untuk memfokuskan gambar. Mulut ompong kecil, tetapi di bagian akhir menjadi moncong dan runcing. Ikan barreleyes ini mendiami kedalaman moderat, yaitu 400 hingga 2.500 m di dalam laut. ikan barreleyes ini tetap hangat di bawah batas penetrasi cahaya dan menggunakan sensitifitas mereka ke atas mata untuk adaptasi tubular dalam meningkatkan penglihatan binokular.

[spoiler]

Barreleye Fish, Ikan Transparan (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

5. Striped Anglerfish

The striped anglerfish adalah ikan yang tampak biasa dan termasuk keluarga Antennaridae anglesfish. Beberapa penyelam percaya bahwa ikan ini bartampang jelek, tetapi menganggap mereka lucu. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang sangat unik karena memiliki sirip punggung ketiga yang diperbesar dan biasanya sirip dorsal pertama mereka dimodifikasi sebagai alat untuk memikat atau menangkap mangsanya.

Iming-iming terdiri dari tangkai yang dikenal sebagai illiciun dan umpan, sebelum kemudian dikenal dengan sebutan esca. Anglesfish menggunakan iming-iming untuk menarik mangsa seperti ikan kecil. Setelah ikan atau mangsanya mendekati iming-iming, anglesfish dengan cepat memakannya. Serangna the striped anglerfish salah satu gerakan tercepat dicatat di dalam laut.

Tidak hanya bentuk yang unik, the striped anglerfish juga sangat bervariasi dalam warna, seperti putih, kuning, orange, hitam, abu-abu, atau cokelat. Warna mereka umumnya akan cocok dengan warna spons sekitarnya. Di Port Stephens telah ditemukan anglerfish striped remaja yang berwarna kuning dan kadang-kadang hitam atau putih. Ikan ini tumbuh dengan panjang maksimum sekitar 20 cm.(**)

[spoiler]

Striped Anglerfish (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Sumber: Dari berbagai sumber, Uniknya.com, Oktober 2012

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com