5 Rekor Koleksi Benda Terbanyak

Oleh: Afina Fatharani

[UNIKNYA.COM]: Mengoleksi barang yang kita suka merupakan hobi demi kepuasan batin. Bagi para kolektor, apapun akan dilakukannya demi mendapatkan barang yang sangat disukainya. Apalagi jika barang tersebut merupakan barang langka, memiliki nilai sejarah, atau peninggalan tokoh ternama. Semua itu akan menambah nilai kepuasan bagi para kolektor. Selain nilai kelangkaan barangnya, jumlah koleksi yang sudah kita dapatkan bisa membuat kolektor merasa bangga, karena tidak setiap orang bisa melakukannya.

Hebatnya lagi para kolektor, harga, jarak, dan tingkat kesulitan tidak pernah menjadi penghalang, yang penting semua barang buruannya bisa berada di tangannya. Bahkan seorang kolektor sering kali tidak menyadari kalau jumlah koleksinya sudah sangat banyak. Saking tidak pernah menghitungnya, ternyata koleksi barang sudah ada yang mencapai ribuan. Tentu saja kejutan itu bisa mendatangkan bonus lain, yakni sebuah penghargaan. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 rekor koleksi benda terbanyak:

 

1. Betina Dorfmann, Kolektor Barbie Terbanyak

Boneka Barbie hingga kini masih memegang rekor sebagai boneka paling laris di dunia. Ramping, kulit mulus, hidung mancung, rambut pirang, dan kesempurnaan dari organ tubuh lainnya menjadi identitas dari boneka yang sudah diproduksi mencapai 1 milyar ini. Maka sangat wajar jika boneka ini menjadi buruan, tidak hanya anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Saking cintanya terhadap barbie, beberapa kolektor menyimpan koleksi berbagai benda yang berkaitan dengan barbie. Tidak hanya boneka, tetapi juga poster, foto, atau replika-replika lainnya.

Salah seorang kolektor yang kini tercatat sebagai pemilik segala replika barbie terbanyak di dunia, yakni Betina Dorfmann. Bahkan menurut rencana, dengan semua koleksi yang dimilikinya, Betina akan masuk dalam daftar Guinness Book of Records pada 2013 mendatang. Rumah pencatat rekor tersebut memastikan Betina akan ada dalam daftar kolektor terbarunya karena kini koleksi benda produk Mattel tersebut sudah mencapai lebih dari 15 ribu lebih.

Wanita yang tinggal di Dusseldorf, Jerman tersebut sudah mengoleksi barbie sejak 1993. Bahkan beberapa model yang dimilikinya sudah sangat klasik. Ada yang terbuat sejak tahun 60-an hingga barbie koleksi terbaru. Diperkirakan untuk mengoleksi benda-benda tersebut, Betina telah mengeluarkan dana lebih dari 2,8 milyar rupiah.

Dalam sebuah wawancara dengan World Record Academy, Betina mengatakan hampir tidak ada yang tidak diketahuinya jika membicarakan barbie. Bahkan Betina kini merasa kesulitan mencari barang berbau barbie yang benar-benar langka, karena hampir semua replika sudah ada di rumahnya.

[spoiler]

Betina Dorfmann, Kolektor Barbie Terbanyak (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

2. Jozsef Tari, Kolektor Buku Mini Terbanyak

Jumlah kolektor buku di dunia hampir bisa dipastikan banyak jumlahnya, tetapi bagaimana jika buku yang dikoleksi merupakan buku mini?. Untuk koleksi buku dalam ukuran kecil tersebut, mungkin Jozsef Tari yang berhak tercatat sebagai pemegang rekor terbanyak. Koleksi buku berukuran beberapa millimeter milik kutu buku asal Hongaria tersebut, kini sudah mencapai 4.500. mengumpulkan buku dalam ukuran kecil memang sudah menjadi ambisinya sejak dulu.

Hebatnya lagi dari semua koleksi yang dimilikinya ternyata berasal dari 31 negara di dunia. Dan buku tersebut bukan hanya replika, tetapi memang benar-benar bisa dibaca, sesuai dengan buku dalam ukuran sebenarnya. Dalam deretan koleksi yang dimiliki Jozsef Tari, terdiri dari buku sastra, sejarah, politik, olahraga, seni, dan beberapa novel ternama yang pernah laku di pasaran.

Buku terkecil dari koleksinya, yakni memiliki tinggi 2,75 milimeter dan lebar 1,75 milimeter. Walaupun ukurannya sangat kecil, tetapi memiliki ukuran huruf yang bisa dibaca dengan mata telanjang. Buku mini pertama yang dimilikinya, yakni mengenai konstitusi rakyat Republik Hongaria dengan ukuran tinggi 35 milimeter dan lebar 26 milimeter, sedangkan buku mini tertua tercatat sudah berusia 100 tahun. Hobi yang sudah dilakoninya sejak 1972 saat masih bekerja sebagai pencetak buku tersebut, akan terus dijalani Jozsef hingga akhir hayatnya. Bahkan kini koleksinya selalu bertambah dari rekan-rekan sesama kolektor. Beberapa di antaranya merupakan hadiah ulang tahun.

 

[spoiler]

Jozsef Tari, Kolektor Buku Mini Terbanyak (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Darlene Flynne, Kolektor Sepatu Terbanyak

Ada dua alasan yang mendasari Darlene Flynne, perempuan berusia 51 tahun ini, menjadi seorang kolektor sepatu. Pertama, ia iri melihat koleksi sepatu kaca milik saudaranya. Melihat 500 pasang sepatu kaca yang dimiliki saudara Darlene berserakan hampir di setiap sudut rumah, membuat Darlene semakin panas hati untuk memiliki barang dalam jumlah yang banyak. Alasan kedua, untuk mengisi waktu luang, sebagai pelampiasan setelah bercerai dengan suaminya. Untuk mengalihkan perhatian tersebut Darlene memilih jalan-jalan dan membeli sepasang sepatu saat pergi dari rumah.

Tanpa disadari setelah 12 tahun mengisi waktu luangnya dengan membeli sepatu, tepatnya mulai tahun 2001, kini jumlah yang sudah dikumpulkan Darlene mencapai 16.400 pasang. Bahkan lantaran hampir semua jenis sepatu sudah dimilikinya, Darlene pun kini mengalihkannya pada miniatur sepatu yang juga kini sudah semakin menggunung.

[spoiler]

Darlene Flynne, Kolektor Sepatu Terbanyak (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

4. Dimitris Pistiolas, Kolektor Kamera

Dimitris Pistiolas, pensiunan tukang pos ini merupakan kolektor kamera dan proyektor. Hingga kini Pistiolas telah mengoleksi 937 kamera klasik dan proyektor unik yang sudah berusia ratusan tahun.

Kamera koleksinya kini tersusun rapi di ruang khusus bawah di kediamannya di pusat kota Athena. Ruangan yang kini dijadikan museum tersebut memperlihatkan bagaimana Pistiolas mencintai hobinya tersebut. Walaupun sudah berusia ratusan tahun, tetapi kamera dan proyeksinya terawatt dengan baik.

Banyak orang yang menggoda Pistiolas untuk menjual barang koleksinya tersebut. Bahkan, seorang direktur museum film di London, Ronald Grant, secara langsung mengontak Pistiolas, karena kekagumannya akan koleksi barang langka tersebut. Koleksi Pistiolas tidak hanya didapat dari rumah lelang, tetapi beberapa di antaranya dikejar hingga ke luar negeri. Terutama kamera yang memang sangat langka dan memiliki sejarah khusus.

Pistiolas mulai mengumpulkan kamera dan proyektor tersebut sejak berusia 15 tahun. Sejak saat itu pria berambut perak ini tidak pernah berhenti berburu kamera. Hingga akhirnya menjadikan ruang berukuran 25 meter persegi di ruang bawah tanahnya sebagai museum. Walaupun ada pihak swasta dan pemerintah bersedia menjadi sponsor untuk membuatkan museum yang lebih besar, Pistiolas menolaknya dengan alasan kecintaannya terhadap barang yang sudah lama menemaninya itu. Bahkan Pistiolas memastikan kecintaannya terhadap kamera antik tersebut sama seperti ia mencintai Tuhan.

 

[spoiler]

Dimitris Pistiolas, Kolektor Kamera (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

5. Pat dan Joe, Kolektor Boneka Senilai 9,5 Milyar Rupiah

Jika dilihat dari jumlah barang yang dikoleksinya, pasangan Pat dan Joe Prosey masih ada yang mengalahkan, karena koleksi boneka, khususnya boneka patch kids miliknya baru berjumlah 5000 saja, tetapi jika melihat jumlah dana yang sudah dikeluarkan pasangan ini, rasanya wajar jika dianggap luar biasa di dunia. Bayangkan saja, untuk mendapatkan sebua boneka tersebut, Pat dan Joe sudah merogoh koceknya hingga 9,5 milyar rupiah.

Pasangan ini mengaku sangat tertarik dan gemas melihat boneka cabbage patch kids tersebut. Tiap ada kesempatan selalu mencari dan membeli boneka yang memiliki rambut milik kol itu. Boneka koleksi pasangan ini dipajang di kamar khusus rumah mereka. tiap hari kesibukan mereka bertambah, yaitu menjaga Kevin, nama salah satu boneka yang diklaim sebagai “anak” agar tidak kotor. Sedang 4.999 boneka lainnya dianggap saudaranya Kevin.

Pasangan Pat dan Joe bahkan kini telah memiliki komunitas pecinta cabbage patch kids. Mereka kerap bertemu untuk sekedar mengajak boneka-bonekanya bermain bersama. Pertemuan ini menjadi menarik karena masing-masing peserta membawa bonekanya dan berbicara seolah-olah sang bonekalah yang berbicara.(**)

 

[spoiler]

Pat dan Joe, Kolektor Boneka Senilai 9,5 Milyar Rupiah (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

 

[/spoiler]

Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com, Oktober 2012

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com