5 Keunikan Menonton Pertandingan Golf (Bagian I)

Oleh : Timun

[UNIKNYA.COM]: Menonton pertandingan Golf sangat berbeda dengan menonton pertandingan lain seperti sepak bola, vollyball, tenis, bulutangkis, dan lain-lain. Dalam menonton pertandingan Golf, penonton diberlakukan banyak peraturan. Apabila Anda tidak tahu aturannya, mungkin Anda akan malu sendiri atau bahkan dikeluarkan dari area penonton oleh petugas.

Peraturan untuk penonton biasanya dipajang di sudut-sudut lapangan dan ada petugas yang mengatur para penonton tersebut. Berikut kami rangkum 5 aturan dalam menonton pertandingan Golf, sebagai berikut :

 

1. Aturan Bersorak

Saat pemain akan memukul bola, akan ada beberapa petugas yang menunjukkan tulisan “quiet” alias meminta penonton tenang. Kalau masih ada yang berisik, maka petugas tersebut akan segera menegur. Setelah pemain memukul bola, barulah penonton bisa bersorak dan menyemangati pemain lagi.

[spoiler]

Aturan Bersorak
(sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

2. Dilarang Mengambil Gambar

Pengambilan gambar dalam pertandingan golf juga diatur ketat. Panitia melarang penonton untuk mengambil gambar, baik foto maupun video. Yang diizinkan untuk memotret dan merekam hanya jurnalis yang mengantongi izin. Tapi, pada kenyataannya, sebagian penonton tetap bandel dan memakai ponsel mereka untuk mencuri gambar.

[spoiler]

Dilarang Mengambil Gambar (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

3. Aturan Berjalan atau Melintas

Karena jalur berjalan pemain dan penonton bersinggungan di beberapa titik, penonton pun kadang harus berhenti berjalan dan memberi kesempatan kepada pemain untuk lewat. Selain itu, penonton juga diizinkan menyeberang lewat area permainan pada waktu-waktu tertentu.

Selain itu, kalau ada sekumpulan penonton yang sedang berjalan dan langkah kaki mereka menimbulkan suara pada saat pertandingan, maka petugas akan meminta mereka untuk berhenti sejenak agar suasana benar-benar hening.

[spoiler]

Aturan Berjalan atau Melintas (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

4. Aturan Ponsel

Karena ponsel punya potensi sangat besar menciptakan kegaduhan, maka dari pintu masuk panitia telah memasang aturan cukup ketat soal penggunaannya. Ponsel hanya boleh dipakai di area-area tertentu. Di sekitar area pertandingan, ponsel wajib berada dalam mode silent or off.

[spoiler]

Aturan Ponsel (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

5. Dilarang Bergerak ketika Pemain sedang Memukul Bola

Ketika ada penonton yang bergerak tiba-tiba pada saat pemain sedang memukul, maka akan memecahkan konsentrasi pemain tersebut. Maka penonton dilarang membuat gerakan apapun ketika pemain melakukan “shots”.(**)

[spoiler]

Dilarang Bergerak ketika Pemain sedang Memukul Bola (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

Sumber : Sport.detik.com, old.uniknya.com, November 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com