5 Serial Tokusatsu Terpopuler Jaman Dulu

Oleh: Rudi Riono

[UNIKNYA.COM]:  Masih ingat tokoh tokoh ini Jiban, Ksatria Baja Hitam RX dan Winspector,  serial tokusatsu yang mengalami kejayaan di era 90-an dan selalu menghiasi layar tv pada saat itu. Kini serial yang dulu berjaya itu sedikit demi sedikit mulai dilupakan, Sekedar mengingatkan saja masa-masa  kejayaan superhero yang keren keren itu uniknya akan mencoba merangkumnya dalam 5 Serial Tokusatsu terpopuler jaman dulu :

 

1. Jiban

Dalam versi Inggrisnya, serial ini lebih dikenal dengan sebutan Mobile Detective Jiban. Menceritakan tentang robot polisi yang bertempur melawan sindikat jahat Bioron, pimpinan Doktor Giba. Jiban adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Jiban adalah serial Metal Hero yang ke-8 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 29 Januari 1989 hingga 28 Januari 1990. Hal yang benar-benar unik dalam serial Jiban ini adalah pada saat Jiban hendak bertarung melawan monster Bioron. Sebelum bertarung, Jiban selalu membaca pasal-pasal yang didakwakan pada si penjahat (monster) satu persatu. Setelah semua pasal dibacakan, baru pertarungan dimulai.

[spoiler]

Jiban (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

2. Jiraiya

Sekai Ninja Sen Jiraiya begitu populer pada saat itu. Jiraiya merupakan serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Jiraiya adalah serial Metal Hero yang ke-7 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 24 Januari 1988 hingga 22 Januari 1989. Di Indonesia, serial tokusatsu di Jiraiya ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar. Di Indonesia, Jiraiya mendapat sambutan yang luar biasa.

[spoiler]

Jiraiya (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

 

[/spoiler]

 

3.Tokkei Winspector

Serial tokusatsu yang satu ini cukup legendaris. Tokoh utamanya adalah 3 robot polisi (salah satunya adalah manusia), mereka bernama Fire (merah), Walter (biru) dan juga Bycle (kuning). Winspector adalah serial Metal Hero yang ke-9 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 4 Februari 1990 hingga 13 Januari 1991. Di Indonesia, serial tokusatsu di Winspector ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar.
Tokkei Winspector adalah juga serial pertama di Rescue Police.
Masing-masing robot memiliki kemampuan khusus.Serial ini begitu ikonik, dan menurut saya hingga saat ini masih belum ada yang bisa menandingi serial metal hero seperti ini.

[spoiler]

Tokkei Winspector (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

4. B-Robo Kabutaku

Berkisah mengenai sekumpulan robot berbentuk binatang (kumbang, lebah, ular, dll) yang saling bersaing untuk mendapatkan semacam ‘lencana’ berbentuk bintang yang bisa mengabulkan segala jenis permintaan. Desain robotnya unik, Kontet dan lucu, namun bisa berubah menjadi keren ketika memasuki mode tempur. Robot-robot ini terbagi menjadi 2 kubu (baik dan jahat) dan seringkali berterung untuk mendapatkan bintang tersebut. Setiap kali bertarung, akan ada robot wasit yang menjadi penengah. He he he unik banget yah?

[spoiler]

B-Robo Kabutaku (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

5. Guyferd

Jika kabutaku merupakan serial tokusatsu terunik, maka Guyferd adalah serial tokusatsu terkeren saat itu. Tokoh utamanya adalah Gou Kazama. Dia berniat menyelamatkan kakaknya yang diculik oleh organisasi kriminal Crown, yang saat itu berusaha untuk mengumpulkan ahli-ahli martial arts dari penjuru dunia. Gou kemudian tertangkap, dan Crown mengubahnya menjadi Guyferd.

[spoiler]

Guyferd (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

sumber: berbagai sumber, Uniknya.com, Oktober 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com