Berhentilah Merokok Sebelum 30 Tahun! Wanita Dapat Memperpanjang Hidup Satu Dekade

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Sebuah studi menemukan bahwa sebanyak 1,3 juta wanita perokok berhenti di usia pertengahan, dengan berharap bisa memperpanjang harapan hidup mereka 10 tahun lebih lama.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet (27/10), menunjukan bahwa wanita yang berhenti merokok sebelum usia 30, dapat memangkas 97% kematian yang disebabkan oleh asap rokok.

Para peneliti juga menunjukan bahwa jika mereka yang masih perokok setelah berumur 30 tahun, terancam 3 kali lipat terancam mengidap kanker dan penyakit bahaya lainnya selama 9 tahun kedepan.

 

Berhentilah Merokok Sebelum 30 Tahun! Wanita Dapat Memperpanjang Hidup Satu Dekade (sumber: blogspot.com)

 

Profesor Sir Richard Peto dari Universitas Oxford, yang ikut menulis laporan itu, mengatakan, “Jika wanita merokok seperti laki-laki, mereka juga akan mati seperti laki-laki.”

Seorang pria pengidap kanker membenarkan hal itu. June Atherton (66), mengaku ia bisa menghabiskan rokok 60 batang setiap harinya. Lalu ia berhenti total pada usia 50 tahun, namun ia didiagnosis menderita kanker paru-paru 10 tahun kemudian.

“Saya memperingati beberapa wanita yang merokok di jalanan, dan memberitahu bahwa merokok dapat membunuh dirinya, namun mereka pikir aku gila tapi itu pesan yang penting,” ucap June dilansir skynews.

Paula Chadwick, chief executive dari Yayasan Kanker Roy Castle Lung juga mengatakan kepada Skynews, “Ini adalah penelitian penting dan memberitahu kita bahwa menghentikan kebiasaan merokok sedini mungkin akan memperpanjang hidup Anda.”

“Banyak kaum perempuan yang didiagnosa menderita kanker paru-paru dan kita perlu mencegahnya dengan mendukung mereka yang ingin menyerah dan memastikan anak-anak muda untuk tidak memulai,” tambahnya. (**)

Sumber : news.sky.com, old.uniknya.com, Oktober 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com