Gangguan Langka : Kedua Bersaudara Ini Tidak Dapat Mengenali Wajah

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Sungguh kondisi yang langka, bagaimana bisa kedua bersaudara ini tidak mengenali satu sama lain meski hidup berbarengan, bahkan mereka mengaku sulit untuk mengidentifikasi orang-orang sekitar.

‘Kebutaan wajah’ ini dialami oleh Donna Jones dan Victoria Wardley. Mereka mengaku sulit mengenal orang lain meskipun telah mengenalnya selama bertahun-tahun. Tak hanya itu, mereka juga sulit mengenali wajah mereka sendiri di cermin.

Donna Jones dan Victoria Wardley (sumber: blogspot.com)

 

“Ketika saya melihat wajah seseorang, yang terlihat hanya seperti kanvas kosong. Saya sebenarnya masih bisa melihat mata atau hidung mereka. Tapi, ketika saya mencoba melihat wajahnya secara keseluruhan saya tidak bisa mengidentifikasi itu siapa,” ujar Victoria (32).

“Kami jarang sekali mengambil gambar karena tak ada gunanya – kita tidak akan tahu siapa yang berada di foto tersebut,” tambahnya.

Kondisi yang serupa juga dialami adiknya, Donna (30). Ia sering merasa kesulitan mengidentifikasi suaminya di jalan, bahkan ia mengaku sulit mencari putrinya di tengah orang banyak.

“Terkadang saya merasa bersalah. Saya harus mengingat wajah anak saya tapi itu sulit sekali dilakukan,” kata Donna.

Donna Jones dan Victoria Wardley (sumber: blogspot.com)

 

Sama-sama memiliki ‘kebutaan wajah’, kedua kakak-beradik ini mengaku jarang pergi keluar bersama-sama. “Jika kita berpisah, kita tidak akan pernah menemukan satu sama lain lagi.” ucap Victoria.

Dr. Sarah Bate, dari pusat gangguan proses pengenalan wajah di Bournemouth University mengatakan, kondisi tersebut dikenal dengan porosopagnosia yang dapat menimpa satu dari 50 orang.

Bate menambahkan bahwa kondisi ini sangat jarang terjadi  dikarenakan rasa tramua, tapi mereka hanya gagal mengembangkan mekanisme visual yang diperlukan dalam pengolahan wajah. (**)

Sumber : mirror.co.uk, old.uniknya.com, Oktober 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com