5 Bunga yang Mekar di Malam Hari (Bagian I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Bagi para pecinta dan pemerhati flora mungkin sudah tidak asing lagi dengan bunga-bunga yang hanya mekar di malam hari, dan bahkan layu dalam beberapa jam kemudian. Kehadiran bunga-bunga yang cantik namun hanya mekar di waktu-wamtu tertentu bahkan menimbulkan berbagai dugaan mulai dari ilmu pengetahuan bahkan hingga ke sisi mistis. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 bunga yang hanya mekar di malam hari:

 

1. Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusumah atau epiphyllum oxypetalum (Dutchman’s Pipe, kardable, Night Queen,  Nishagandhi, atau Gul-e-Bakawali) merupakan bunga cantik yang mekar hanya di malam hari. Bunga yang masih satu spesies dengan kaktus, selain memiliki banyak nama, juga memiliki banyak cerita legenda dan dijadikan sebagai salah satu cara pengobatan herbal. Bunga ini sangat misterius, hanya mekar di malam hari dan kemudian layu di pagi hari.

[spoiler]

Bunga Wijaya Kusuma(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

2. Bunga Buah Naga

Pitaya ataupun pitahaya, merupakan buah yang tumbuh dari spesies pohon kaktus dengan genus  hylocereus. Namun masyarakat sekarang lebih mengenalnya dengan sebutan buah naga, mulai dari daratan China hingga Indonesia, karena bentuk buahnya yang meyerupai kulit hewan mitologi naga. Keunikan dari pohon kaktus yang satu ini adalah bunganya pun hanya mekar di malam hari.

[spoiler]

Bunga Buah Naga (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

3. Bunga Saussurea obvallata / Brahma Kamal

Saussurea obvallata merupakan sebuah tanaman yang berasal dari daratan Himalaya dan Uttar Pradesh, India, bagian utara Burma dan tenggara China. Di Pegunungan Himalaya, tanaman dengan bunganya yang cantik dapat ditemukan diketinggian 4500m di atas permukaan laut. Bunganya pun kemudian dijadikan bunga resmi khas Uttarakhand dan Uttar Pradesh. Tanaman Saussurea obvallata ataupun Brahma Kamal ini hanya tumbuh setinggi 30 cm saja, dan merupakan tanaman hermafrodit yang dapat dikawinkan melalui bantuan serangga. Di daerah asalnya tanaman bunga ini juga dikenal dengan Kon dan Kapfu.

[spoiler]

Bunga Saussurea obvallata / Brahma Kamal (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

4. Bunga Pukul Empat

Mirabilis jalapa atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan bunga pukul empat, sementara masyarakat Peru menyebutnya bunga mukjizat dan jalapa di Meksiko. Bunga ini memiliki variasi warna yang beragam tergantung jenisnya. Berdasarkan sebuah keterangan, bunga pukul empat ini berasal dari daratan Andes yang ada di Peru. Bunga ini menyebar melalui para pedagang-pedagang yang pernah berlabuh di Peru dan singgah di berbagai negara di dunia sejak 1540.

[spoiler]

Bunga Pukul Empat (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

5. Nottingham Catchfly

Silene nutans merupakan tanaman yang paling sering berbunga dibandingkan dengan dengan tanaman sejenis dalam geus Silene. Bunga ini dikenal pula dengan nama Nottingham Cacthfly,  dan merupakan tanaman diploid (memiliki dua genoms), herbceous (dari daun hingga akar dapat membusuk seiring waktu), sekaligus berumur panjang. Batangnya mampu tumbuh 25 bahkan hingga 80cm, dengan kulit pohon yang tebal dan akar yang tumbuh semakin dalam ke dasar tanah. Ukuran daunnya mampu tumbuh hingga 75mm, tanaman ini pun hanya berbunga di malam hari.(**)

[spoiler]

Nottingham Catchfly (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Sumber: oddstuffmagazine.com, old.uniknya.com, Oktober 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com