5 Bahan Berbahaya pada Pasta Gigi

Oleh: Zaenal Abidin

[UNIKNYA.COM]: Pasta gigi merupakan bahan pembersih gigi yang digunakan saat kita menyikat gigi. Umumnya pasta gigi terbuat dari campuran berbagai bahan kimia pembersih dan pembunuh kuman dan bakteri gigi. Akan tetapi beberapa produsen pasta gigi tidak memperhatikan bahaya bahan yang merekea gunakan sehingga Anda harus lebih teliti saat membeli pasta gigi yang aman. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 Bahan Berbahaya pada Pasta Gigi:

 

1. Formalin

[spoiler]

Formalin (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

Formalin dalam pasta gigi berfungsi untuk membunuh bakteri kecil yang bersembunyi di sela-sela gigi setelah Anda makan dan saat tidur. Namun jika bahan ini tertelan dapat berakibat fatal seperti penyakit kuning, kerusakan ginjal, hati dan dapat berujung kematian.

 

2. Detergent

[spoiler]

Detergent (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

Busa pada pasta gigi berasal dari bahan kimia detergent, busa ini berfungsi sebagai bahan pembersih tambahan saat Anda menyikat gigi. Namun jika secara tidak sengaja tertelan dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan.

 

3. Peppermint Oil

[spoiler]

Peppermint Oil (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

Pasta gigi dengan rasa mint banyak digemari kalangan muda saat ini karena setelah menggunakan pasta gigi dengan rasa mint, mulut mereka terasa lebih segar dan percaya diri. Namun Anda patut waspada dengan pasta gigi mengandung peppermint, karena jika tertelan dapat memperlambat denyut nadi, mulas, dan gangguan otot.

 

4. Paraffin

[spoiler]

Paraffin (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

Parafin adalah bahan yang dapat membuat pasta gigi menjadi terasa halus karena sifatnya yang licin seperti minyak. Dalam pasta gigi, hampir semua produsen besar memakainya, padahal jika bahan ini tertelan dapat mengakibatkan sakit perut, mual, muntah, dan sembelit yang parah.

 

 

5. Glycerine Glycol

[spoiler]

Glycerine Glycol (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

Glycerine Glycol digunakan dalam pasta gigi sebagai bahan pencegah pasta yang keluar menjadi cepat kering, atau bisa disebut anti beku. Meskipun tidak terlalu penting, namun jika tidak sengaja tertelan akan mengakibatkan mual.(**)

 

Sumber:Dari  berbagai sumber, old.uniknya.com, oktober 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com