5 Keunikan Ikan-Ikan Buas

Oleh: Afina Fatharani

[UNIKNYA.COM]: Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik atau hewan berdarah dingin yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 di seluruh dunia. Secara taksonomi, ikan tergolong kelompol paraphyletik yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan. Biasanya, ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang, ikan bertulang rawan, dan sisanya ikan bertulang keras.

Sama seperti hewan yang ada di darat, ikan juga terbagi ke dalam beberapa jenis karakter, mulai dari hewan jinak hingga predator yang buas. Untuk ikan buas atau predator, naluri membunuhnya tidak hanya berbahaya bagi ikan lain yang ukurannya lebih kecil, tetapi juga manusia. Sudah banyak kasus manusia yang tewas atau menderita luka-luka akibat serangan ikan buas, mulai dari hiu hingga piranha. Ini tentunya menjadi pelajaran jika naluri buas hewan tidak ditentukan oleh besar kecil ukuran atau habitatnya. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 keunikan ikan-ikan buas:

 

1. Tigerfish

Tigerfish merupakan ikan yang merujuk pada berbagai keluarga dan berasal dari asosiasi resmi panther tigris atau ikan asian harimau. Namun, spesies utama yang ditunjuk sebagai tigerfish adalah ikan afrika dari genus hydrocynus keluarga alestidae. Ikan ini hanya bisa ditemukan di sungai Afrika dan merupakan predator sengit bertampang menyeramkan. Yang  paling terkenal dari ikan jenis ini adalah the tigerfish goliath atau hydrocynus goliath. Ikan dewasa jenis ini dilaporkan ada yang mencapai berat 50 kilogram dan ditemukan di sungai Kongo.

Tigerfish dianggap setara dengan piranha, meski keluarga ikan ini sama sekali berbeda. Seperti piranha, ikan tigerfish memiliki interlockin, gigi tajam yang hampir seluruhnya berbentuk taring serta tubuh berotot. Ikan tigerfish memang dikenal secara luas sebagai predator yang sangat agresif dan sering berburu secara berkelompok.

Ikan tigerfish tidak hanya dikenal buas, tetapi juga memiliki keturunan. Tubuh ikan ini dilengkapi kantung berisi gas yang berfungsi sebagai penerima suara canggih. Kantung ini memungkinkan tigerfish untuk mendeteksi getaran di perairan terbuka. Ikan tigerfish biasanya hidup berkelompok dalam jumlah besar dan akan menyerang sumber suara atau getaran. Pada musim kemarau, ikan ini juga bisa menjadi sosok kanibal atau menyerang ikan sesama jenis.

Bagi manusia, ikan ini juga sangat berbahaya. Mereka sering menyerang manusia yang sedang berendam di air dangkal. Serangan tigerfish dapat menghancurkan. Sebagai taktik berburu, ikan ini langsung membuat korbannya tak berdaya. Kematian manusia akibat serangan tigerfish tercatat di beberapa negara.

 

[spoiler]

Tigerfish (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]
2. Belut Laut, Moray Eel

Belut laut atau moray eel adalah hewan dari keluarga muraenidae. Moray eel sering dianggap sebagai hewan yang luar biasa kejam atau pemarah. Sebenarnya, moray eel bersembunyi dari manusia di celah-celah dan lebih suka melarikan diri dari pertarungan. Morays yang pemalu dan tertutup dapat menyerang manusia hanya untuk membela diri. Sebagian besar serangan morays terjadi karena adanya gangguan pada lubang tempat tinggal mereka.

Belut laut ini memiliki gigi belakang yang bengkok dan primitif. Namun, gigitan belut laut ini sangat kuat. Jika ada manusia yang terkena gigitan maka akan sulit dilepaskan meski belut laut ini sudah mati. Perlu upaya ekstra atau membongkar bagian kepala belut untuk melepaskan gigitannya. Bakteri yang terdapat pada giginya juga akan membuat luka gigitan menjadi serius.

Belut laut atau morays mengeluarkan lendir pelindung di atas kulit mereka. Beberapa spesies mengandung racun. Belut laut ini juga memiliki kulit yang tebal dan kepadatan tinggi sel goblet dalam epidermis yang memungkinkan lendir yang akan diproduksi pada tingkat yang lebih tinggi daripada spesies belut lain. Morays merupakan karnivora yang memakan ikan lain seperti cumi, moluska, krustasea, kerapu, barakuda, dan ular laut. Belut laut ini ukurannya lebih besar dibanding dengan yang ada di darat. Belut laut ada yang memiliki panjang mencapai 13 kaki.

 

[spoiler]

Belut Laut, Moray Eel (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

3. Ikan Piranha

Ikan ganas yang satu ini dikenal sebagai penghuni sungai amazon di Amerika Selatan. Dengan posisinya yang berada di urutan ketiga sebagai ikan paling ganas di dunia, piranha menjadi sangat melegenda. Bahkan, suku Indian menyebut salah satu spesies di air tawar ini ikan setan. Ikan ini memiliki gigi berbentuk segitiga yang sangat tajam. Dengan gigi yang dimilikinya tersebut, ikan piranha memiliki kemampuan membunuh serta mencabik mangsanya dengan cepat. Bahkan, gerombolan ikan ini hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik untuk mengupas daging utuh hingga menjadi tulang belulang.

Piranha juga memiliki sensor tau alat penciuman seperti ikan hiu, yaitu mencium setetes darah yang jaraknya cukup jauh. Pada ikan hiu, para peneliti menyebutkan jika hidungnya menggunakan penciuman stereo untuk mendeteksi tidak lebih dari setengah detik dari waktu yang dicium dalam menjangkau salah satu lubang pada hidung. Melalui penciumannya tersebut, hiu dan ikan piranha bisa menemukan mangsanya.

Keunikan lain dari piranha adalah memiliki telenchepalon atau otak bagian depan yang merupakan pusat dari hal-hal yang berhubungan dengan pembauan. Saraf utama yang keluar dari daerah ini adalah saraf olfactory atau saraf cranal satu yang berhubungan dengan hidung sebagai penerima rangsangan. Pada ikan-ikan yang menggunakan hidung dalam pembauan mencari mangsanya, otak bagian depan akan lebih berkembang. Perusakan telechepalon akan menimbulkan beberapa gejala yang tidak normal.

 

[spoiler]

Ikan Piranha (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

4. Ikan Hiu

Semua orang tahu jika ikan pembunuh yang sangat buas adalah hiu. Namun, tahukah Anda jika para ilmuwan di Jurnal Naturwissenscahten melakukan penelitian terhadap ikan bertampang seram ini. Selain memiliki sensor serta penciuman yang tajam, ikan hiu ternyata punya keunikan lain. Namun, keunikan yang satu ini tidak ada kaitannya dengan perangai ikan buas. Ya, dari hasil penelitian diketahui jika ikan hiu ternyata buta warna. Untuk mendapatkan kesimpulan itu, peneliti melakukan observasi pada mata hiu dengan menggunakan teknik mikro spektofotometri. Mereka mengamati sel-sel penyusun retina mata pada 17 spesies hiu yang ditangkap di wilayah Queensland dan Australia Barat.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa 10 dari 17 spesies hiu tidak memiliki sel berbentuk kerucut atau sel yang berperan membedakan warna. Sementara tujuh spesies lainnya hanya punya satu jenis sel kerucut, yakni jenis yang peka pada warna hijau. Para ilmuwan menemukan, kebanyakan spesies hiu hanya memiliki sel berbentuk batang. Sel tersebut sangat sensitive terhadap cahaya, mampu membedakan kontras dan memungkinkan penglihatan warna, tetapi sel tersebut tetap tidak dapat membedakan warna.

Menurut pemimpin proyek penelitian yang berasal dari University of Western Australia, Nathan Scott Hart, hasil studi menunjukkan, dibandingkan warna kontras dengan latar mungkin jauh lebih penting bagi hiu untuk mengidentifikasikan obyek atau mangsanya. Dengan hasil penelitian tersebut, Nathan menyebutkan, pengetahuan ini bisa membantu manusia untuk merancang alat pancing, peralatan surfing, dan pakaian renang yang kurang atraktif di mata hiu si predator.

 

[spoiler]

Ikan Hiu (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

5. Anglerfish

Dilihat dari tampilan wajahnya, ikan anglerfish ini sangat menyeramkan. Ikan ini adalah anggota teleost urutan lophiformes. Mereka adalah ikan bertulang, ia memiliki daging yang  tumbuh di bagian kepala  berfungsi sebagai umpan. Ikan ini sulit ditemui karena memang hidup di laut yang dalam atau mencapai ratusan hingga ribuan meter. Panjang ikan yang tergolong buas ini hanya mencapai dua kaki.

Ikan ini dinamakan Anglerfish atau ikan pemancing karena memang cara menangkap mangsannya yang unik. Ikan ini menggunakan bagian tubuhnya yang menonjol keluar dari kepala, bentuknya mirip kail pancing. Uniknya, kail pancing ajaibnya itu mampu mengeluarkan cahaya bioluminescent yang berasal dari jutaan bakteri bercahaya. Ini tentunya menarik mangsanya untuk mendekat dan begitu menyentuh umpan ini, anglerfish langsung bereaksi cepat melahapnya.

Mulutnya yang besar siap menerkam dan rahangnya yang bergigi panjang dan mengarah ke dalam membuatnya mudah memasukkan mangsa ke perut sekaligus menutup jalan keluar dari mulutnya. Predator mirip mesin ini mampu membesarkan rahang dan perutnya sehingga mangsa yang lebih besar dari dirinya tetap bisa disantap dan masuk ke dalam perut.(**)

 

[spoiler]

Anglerfish (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

 Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com, Oktober 2012

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

One Response to 5 Keunikan Ikan-Ikan Buas

  1. ih, serem..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com