5 Topeng Kematian dari Tokoh-Tokoh Terkenal (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]:  Kematian menjadi benda memorabilia yang paling mudah dikenangmengenai seseorang. Mereka telah ada sejak zaman Tutankhamun, yang topeng pemakamannya dibuat dari emas padat yang bisa menjadi obyek keindahan ekstrim dan takhayul. Di sini, kami menyajikan beberapa topeng gips yang telah diawetkan dari beberapa wajah tokoh terkenal telah memwarnai planet ini.

 

1. Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte merupakan Kaisar Perancis paling gemilang yang pernah ada. Topeng kematiannya dibuat pada tanggal 7 Mei 1821 satu setengah hari setelah kematiannya di Pulau St Helena. Hanya ada empat topeng di seluruh dunia, yang dibuat berdasarkan cetakan asli wajah sang kaisar. Cetakan perunggu wajahnya saat ini dipamerkan di Louisiana State Museum di New Orleans.

[spoiler]

Napoleon Bonaparte (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

2. Vladimir Ilyich Lenin

Vladimir Ilyich Lenin merupakan nama samaran dari Vladimir Ilyich Ulyanov. Ia dikenal sebagai revolusioner komunis Rusia, Pemimpin Partai Bolshevik, pendiri Uni Soviet, Perdana Menteri Uni Soviet pertama, Kepala Negara Uni Soviet pertama secara de facto, dan penggagas Leninisme. Ia wafat di Gorki, pada 21 Januari 1924. Setelah kematiannya dibuatkan patung gips kematiannya dari wajah dan tangan oleh pematung terkenal Sergey Merkurov.

[spoiler]

Vladimir Ilyich Lenin (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

3. Ludwig Van Beethoven

Konon diambil beberapa saat setelah post mortem kematiannya oleh Josef Dannhauser. Beethoven menderita sakit di seluruh tahap kehidupan. Dan jika kita  perbandingan dengan topeng hidupnya, yang diambil pada tahun 1812, sungguh sangat mengejutkan mengejutkan.

Ludwig van Beethoven adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni kelima dan kesembilan, dan juga lagu piano Für Elise. Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Semasa muda, ia adalah pianis yang berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria, tempatnya tinggal. Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah menikah.

[spoiler]

Ludwig Van Beethoven (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

4. Abraham Lincoln

Diambil pada saat otopsi dan saat ini dipajang di Museum Nasional Kesehatan dan Kedokteran, Washington DC. Pada tahun 2007, Dr John Sotos mengamati wajah dan catatan medis dan menyimpulkan bahwa ia menderita penyakit yang disebut Syndrome Neuroma Walaupun Lincoln mati terbunuh, menurut Dr. Jhon Sotos, Presiden ke-16 itu, diyakini tetap akan mati tak lama lagi.

[spoiler]

Abraham Lincoln (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

5. Voltaire

François-Marie Arouet lebih dikenal dengan nama penanya Voltaire, adalah penulis dan filsuf Perancis pada Era Pencerahan. Voltaire dikenal karena tulisan filsafatnya yang tajam, dukungan terhadap hak-hak manusia, dan kebebasan sipil, termasuk kebebasan beragama dan hak mendapatkan pengadilan yang patut. Voltaire dianggap sebagai salah satu tokoh yang paling berpengaruh pada zamannya.

Topeng kematiannya saat ini dipajang di museum Hunterian dari Universitas Glasgow. Berlawanan dengan kepercayaan populer, jenazahnya tidak dibuang di tumpukan sampah oleh fanatik sayap kanan namun masih terbaring di makamnya.(**)

[spoiler]

Voltaire (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Sumber: dari berbagai sumber old.uniknya.com, Oktober 2012

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com