5 Kontraktor Pertahanan Terbesar di Dunia (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Sebagian besar kebutuhan sistem alutsista angkatan bersenjata di dunia, mungkin dipenuhi oleh kontraktor pertahanan berikut. Kontraktor pertahanan atau kontraktor militer adalah badan usaha atau individual yang menyediakan jasa atau produk kepada departemen pertahanan suatu negara. Produk yang biasa ditawarkan adalah pesawat, kapal, dan kendaraan militer, serta persenjataan, dan peralatan elektronik. Untuk jasa, misalnya layanan logistik, dukungan teknis, komunikasi, dan perawatan, sertapelatihan militer. Berikut 5 Kontraktor Pertahanan Terbesar di Dunia:

 

1. Lockheed Martin

Lockheed Martin adalah perusahaan teknologi canggih Amerika yang bergerak dibidang kedirgantaraan pertahanan dan keamanan. Dibentuk pada 1995 dengan merger dari Lockheed Corporation dengan Martin Marietta. Dia bermarkas di Bethesda, Maryland dan mempekerjakan 135.000 orang di seluruh dunia. Lockheed Martin adalah sebuah kontraktor pertahanan utama. Pada 2003 hampir 80% dari pelanggannya adalah Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan Pemerintahan Federal Amerika Serikat lainnya.

Lockheed Martin  telah menerima Trophy Collier enam kali. Baru-baru ini (tahun 2001) menjadi bagian dari pengembangan Sistem X-35/F-35B Propulsion LiftFan, dan lagi pada tahun 2006 memimpin tim yang mengembangkan F-22 Raptor jet tempur. Lockheed Martin saat ini sedang mengembangkan II F-35 Lightning.

 [spoiler]

Lockheed Martin (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Boeing

Boeing adalah nama perusahaan kedirgantaraan dan perusahaan pertahanan Amerika. Didirikan pada tahun 1916 oleh William E. Boeing di Seattle, Washington, perusahaan telah berkembang selama bertahun-tahun, dan bergabung dengan McDonnell Douglas pada tahun 1997. Boeing terdiri dari unit bisnis, Boeing Commercial Airplanes (BCA); Boeing Defense, Space & Security (BDS); Engineering, Operations & Technology; Boeing Capital; and Boeing Shared Services Group.

Boeing juga merupakan salah satu produsen terbesar pesawat global, dan kedirgantaraan terbesar ketiga dan kontraktor pertahanan di dunia berdasarkan pendapatan yang berhubungan dengan pertahanan.

 [spoiler]

Boeing (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. BAE Systems plc

BAE Systems plc adalah perusahaan yang bergerak di bidang kedirgantaraan dan pertahanan pertahanan yang berkantor pusat di London, Inggris. BAE Systems merupakan salah satu kontraktor terbesar di dunia pertahanan, yang menduduki peringkat ketiga terbesar pada pendapatan 2011. BAE dibentuk pada tanggal 30 November 1999 oleh merger £ 7,7 miliar dari dua perusahaan Inggris; Marconi Sistem Elektronik (MES) – elektronik pertahanan dan anak perusahaan galangan kapal angkatan laut dari General Electric Company plc (GEC) – dan British Aerospace (BAe) – produsen sistem pesawat, amunisi, dan angkatan laut. BAE Systems terlibat dalam beberapa proyek pertahanan utama, termasuk F-35 Lightning II, Eurofighter Typhoon, kapal selam kelas Astute dan kapal induk kelas Queen Elizabeth.

 [spoiler]

BAE Systems plc (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Northrop Grumman Corporation

Northrop Grumman Corporation  adalah sebuah konglomerat aeroangkasa dan pertahanan yang merupakan hasil dari penggabungan pada tahun 1994 antara perusahaan Northrop dan Grumman. Produk paling terkenal dari Northrop Grumman adalah B-2 Spirit. Pada 2002 perusahaan ini mempekerjakan 120.000 orang yang bekerja di ratusan lokasi di AS dan luar, dan memiliki pendapatan tahunan AS$17,2 miliar (~ Rp150 trilyun)

 [spoiler]

Northrop Grumman Corporation (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Raytheon Company

Raytheon Company adalah kontraktor militer utama Amerika Serikat yang berbasis di Waltham, Massachusetts. Lebih dari 90% pendapatan Raytheon diperoleh dari kontrak pertahanan, dan pada 2005 dia merupakan kontraktor militer terbesar ke-5 di dunia.(**)

[spoiler]

Raytheon Company (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: wikipedi.org, old.uniknya.com, Oktober 2012

2 Responses to 5 Kontraktor Pertahanan Terbesar di Dunia (Bagian I)

  1. Pingback: 5 Kontraktor Pertahanan Terbesar di Dunia (Bagian II – Habis) | .

  2. Pingback: Baju For Sale | Baju Anak Murah Meriah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com