Wisata Tembok Popular di Dunia [Video]

Oleh: Afina Fatharani (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Berkunjung ke tempat-tempat wisata, di benak setiap orang tentu harus tempat yang menawarkan keindahan dan keunikan. Dari begitu banyak pesona yang ditawarkan, salah satu yang menarik untuk dijelajahi, ialah wisata tembok raksasa. Keunikan dan kisah-kisah sejarah yang telah menjadi bagian dari tembok itulah yang menggelitik rasa penasaran para wisatawan. Setiap masa liburan tiba, ribuan pengunjung dari berbagai negara memadati setiap sisi kemegahannya.

Tembok kota, beberapa di antaranya digunakan sebagai batas suatu daerah, kota, ataupun negara. Di samping itu, ada beberapa tembok menjadi sebuah simbol sejarah, yang sejak dulu berfungsi untuk melindungi kota dari serbuan musuh. Dan kini, tembok itu tidak hanya berfungsi sebagai perbatasan kota dan melindungi kota dari serbuan saja, tetapi telah meluas dari sisi estetikanya, yaitu penarik para wisatawan untuk bertandang ke kota tersebut. Untuk mengobati rasa penasaran Anda akan kemegahan tembok tersebut, berikut old.uniknya.com merangkum 5 wisata tembok terkenal di dunia:

 

1. Tembok Berlin, Jerman

Wisata tembok terkenal pertama, yaitu tembok Berlin. Dari pusat Ibu Kota Berlin, ada banyak tempat-tempat wisata unik dan menarik. Jika Anda mampir ke kota ini, tembok Berlin merupakan salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Runtuhnya tembok Berlin merupakan kejadian sejarah paling penting di dunia. Sebagian segmen tembok tersebut, telah disisakan sebagai peninggalan sejarah untuk Jerman dan dunia. Perjalanan menyusuri sisa tembok Berlin pun sudah menjadi menu wajib para turis.

Tembok yang masih berdiri sejak tahun 1961 ini memiliki panjang 140 km. Dan kini, selain melihat sisa-sisa tembok Berlin, tempat ini pun berubah menjadi pusat rekreasi. Salah satu yang menarik dari sisi kelam tembok Berlin, ialah sisi luarnya dipenuhi dengan coretan graffiti. Ada lebih dari 100 karya graffiti yang terpajang di tembok Berlin ini. Coretan graffiti tersebut merupakan hasil karya seniman-seniman dari banyak negara, yang dilukis pada akhir tahun 1990. Rata-rata lukisan-lukisan graffiti itu bertema sama, yaitu kebebasan Jerman. Selain itu, urusan congkel-mencongkel sisa tembok Berlin, adalah cerita lama. Para turis berusaha mendapatlan bukti fisik sisa dari tembok Berlin dengan cara apapun. Oleh karena itu, tidak heran jika serpihan tembok Berlin menjadi salah satu souvenir favorit dari Berlin.

Tembok yang dulunya menjadi pemisah antar Jerman Barat dan Jerman Timur ini, ialah bagian dari sejarah dan cerita-cerita kelam dari masa silam. Akhirnya, pada tahun 1989, untuk menyatukan dua wilayah tersebut, tembok ini pun dihancurkan. Tidak ada lagi perbedaan antara bangsa timur dan barat. Bahkan, Berlin dijadikan Ibu Kota Jerman. Warga barat merelakan kota terbesar di timur itu sebagai kota utama mereka, karena di sanalah awal dimulainya sebuah persahabatan. Selain itu, sebenarnya masih banyak objek sejarah yang bisa Anda kunjungi di kota Berlin. Seperti checkpoint Charlie, gerbang Brandenburg, Berlin Cathedral, Deutsches Historisches Museum, Reichstag, dan gedung bersejarah lainnya. Bangunan berumur ratusan tahun ini terlalu indah dan sayang untuk Anda lewatkan.

 

[spoiler]

Tembok Berlin, Jerman (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

2. Tembok Hadrian, Inggris

Wisata tembok raksasa lainnya, ialah tembok Hadrian yang terletak di Inggris Utara. Tembok ini merupakan tembok terpanjang dan terbesar di Inggris. Sebuah tembok pertahanan yang terbuat dari batu dan tanah ini, dibangun pada zaman kekaisaran romawi, kurang lebih 2000 tahun yang lalu. Saat pemerintahan Kaisar Hadrian, tembok ini dibangun untuk membatasi daerahnya dari kaum bar-bar. Dan meskipun setelah berabad-abad terjadi peruntuhan, tembok Hadrian tetap menjadi monument kuno terbesar di Eropa Utara. Panjang tembok Hadrian bisa mencapai 117 km, yang membentang dari sungai Clyde sampai sungai Forth.

Tembok Hadrian ini sudah menjadi daya tarik wisata paling populer di Inggris, dan merupakan warisan peninggalan sejarah Romawi yang dibangun pada abad ke-2. Tembok ini masih berdiri dengan kokoh sehingga para pengunjung bisa bersepeda, atau berjalan kaki di lintasan tengah tembok. Agar lintasannya lebih menarik, sejak 13 Maret 2010 tembok Hadrian dilengkapi dengan 500 rambu yang mewarnai keindahannya. Di sini ada beberapa struktur penting yang masih berdiri kokoh. Di antaranya, ialah benteng pusat, pos-pos pemantauan, benteng pengintai pantai, dan dinding batu yang memanjang. Selain kemegahannya, banyak para turis yang telah mengakui keindahan kawasan tembok Hadrian. Mulai dari padang rumputnya yang hijau, di sertai dengan pemandangan bukit yang menakjubkan, Semakin menambah kenyamanan para wisatawan yang berkunjung.

Banyak orang keliru dan mengira bahwa tembok yang sedemikian panjang dan megah ini, dibangun oleh para budak Romawi. Justru menariknya, tembok ini dibangun sendiri oleh para tentara Romawi. Menurut kaisar, hal ini merupakan semacam terapi kerja bagi pasukan romawi supaya tetap sehat dan kuat dengan terus bekerja. Tembok Hadrian juga masuk menjadi salah satu situr warisan dunia UNESCO yang dinobatkan pada tahun 1987 silam. Selain sebagai benteng pertahanan, dahulu tembok ini juga dijadikan sebagai zona perbatasan dalam meningkatkan stabilitas ekonomi dan perdamaian di wilayah Britania.

 

[spoiler]

Tembok Hadrian, Inggris (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

3. Tembok Es Raksasa, Jepang

Wisata tembok terkenal di dunia berikutnya, yaitu tembok es raksasa di Jepang. Negara sakura ini ternyata banyak menawarkan sensasi berwisata yang cukup unik dan berbeda dari biasanya. Tembok es raksasa misalnya. Tembok ini merupakan bongkahan es raksasa yang dibentuk menjadi sebuah jalur jalan yang menghubungkan kota Toyama dan Omachi, di perfektur Nagano, Jepang. Jalur jalan yang dibangun pada tahun 1971 ini memang terbilang unik. Selain temboknya terbuat dari bongkahan es raksasa, jalur jalannya juga menembus gunung es di utara pegunungan Alpen, hingga Nampak seperti tembok es yang besar dan panjang. Disini Anda bisa menyusuri tembok es dengan menggunakan bus.

Tembok es di sepanjang jalan yang bernama rute tateyama kurobe Alpen ini, memiliki tinggi sekitar 20 m yang menjulang di kanan-kiri jalannya. Hingga terkadang, membuat para wisatawan yang melintasinya ketakutan akan tertimpa es di sepanjang jalan tersebut. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir, sebab rute ini tentu dibuat dengan sangat hati-hati, agar tidak berbahaya bagi para pengendara, dan orang-orang sekitarnya.

Jalur jalan ini biasanya akan lebih nyaman dikunjungi saat musim semi dan musim panas. Sebab jika musim dingin suhu udaranya sangat ekstrem, hingga tidak nyaman untuk berwisata. Selain bus, kendaraan wisata yang tersedia bagi para wisatawan yang hendak menelusuri keindahan tembok es raksasa adalah, cable cars, dan juga kereta gantung. Namun, tidak sedikit dari para pengunjung yang merasa penasaran ingin berjalan kaki demi sebuah sensasi menegangkan, saat melewati jalan di sepanjang tembok es raksasa tersebut.

 


[spoiler]

Tembok Es Raksasa, Jepang (sumber: blogspot.com)

 

 

[/spoiler]

 

4. Tembok Besar Cina

Beralih ke wisata tembok terkenal berikutnya, yaitu tembok besar Cina. Jika kita bicara mengenai tempat wisata di Cina yang indah dan spektakuler, maka ingatan kita pasti tertuju kepada tembok besar Cina. Ya, bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia ini, sudah menjadi ikon negeri yang dibangun sejak abad kelima sebelum masehi oleh dinasti Ming. Bahkan, tempat wisata terkenal di negerti tirai bambu ini, telah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia, dan diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia.

Memang butuh stamina prima untuk menuntaskan petualangan di Great Wall. Terlebih, jika kunjungan mereka dilakukan di tengah teriknya sinar matahari. Namun, di balik kelelahan fisik, senyum keceriaan tetap terpancar dari wajah para turis. Mereka tampak begitu bangga jika bisa menaklukan great wall dengan ditemani panorama alam yang begitu indah dipandang.

Bangunan temboknya yang luar biasa panjang di daerah perbukitan, memang sudah menjadi daya tarik yang cukup populer saat ini. Panjang dinding tembok ini bahkan mencapai 6.700 km, yang membentang melalui bukit, rawa, gurun, dan padang rumput. Hal ini menunjukkan betapa cerdasnya orang Cina, dalam menggunakan sumber daya manusia yang masih terbatas saat itu, untuk membuat bangunan yang luar biasa. Dan kini, banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri, yang suka menantang dengan menaiki tangga tembok, setapak demi setapak.

Fungsi tembok besar sebagai kubu pertahanan militer sekarang sudah tidak ada lagi. Namun, keindahan arsitekturnya tetap sangat mengagumkan. Keindahan tembok besar tecermin pada kemegahan kemegahan, kekuatan, dan kebesarannya. Melepas pandang dari tempat jauh ke tembok besar yang memanjang selama ribuan kilometer itu, tampak serupa naga maha besar yang menyusuri pegunungan. Jika dilihat dari jarak dekat, maka tembok itu penuh dengan daya tarik seni dengan arsitekturnya yang beraneka ragam. Perjalanan ke tembok besar Cina, merupakan salah satu atraksi wisata yang bisa Anda pilih dan harus Anda siapkan ke dalam daftar kegiatan ketika Anda berkunjung ke negeri Cina.

 

 

[spoiler]

Tembok Besar Cina (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

Sumber: Berbagai sumber, old.uniknya.com, September 2012

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

One Response to Wisata Tembok Popular di Dunia [Video]

  1. Pingback: Data Aset Wisata Samarinda | makanenak.info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com