5 Air Terjun Yang Indah di Bandung (Bagian I)

Oleh : Timun

[UNIKNYA.COM]: Air terjun yang dalam bahasa Sunda disebut “Curug” ini merupakan salah satu tempat yang banyak menjadi tujuan wisata. Bandung juga terkenal dengan curug-curugnya yang indah dan banyak dijadikan tempat berkemah atau sekedar berwisata menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Berikut 5 air terjun atau curug di Bandung yang bisa menjadi inspirasi liburan Anda :

 

1. Curug Dago
Curug Dago berada di Kampung Curug Dago, Kecamatan Cidadap, Bandung. Tempatnya sedikit tersembunyi, namun aksesnya dekat dengan Terminal Dago. Curug ini masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (THR) Djuanda. Diantara objek wisata di THR Djuanda, Curug dago ini paling jarang dikunjungi.

Terletak di ketinggian sekitar 800 m di atas permukaan laut, Curug Dago juga menyimpan jejak sejarah bagi Kerajaan Thailand. Tak jauh dari lokasi air terjun, terdapat dua prasasti batu tulis peninggalan sekitar tahun 1818.

 

[spoiler]

Curug Dago (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

2. Curug Malela

Keindahan Curug Malela akan menghilangkan rasa lelah selama perjalanan. Saking indahnya, curug ini dijuluki dengan istilah Niagara Mini di ujung barat Bandung. Curug Malela adalah sebuah curug cantik di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Untuk mencapai curug tersebut diperlukan perjuangan yang tidak mudah. Anda harus menempuh waktu perjalanan sekitar 3 jam hingga memasuki Perkebunan Montaya, di ketinggian 1000 mdpl.

Curug Malela memiliki lebar 70 meter dengan ketinggian 60 meter. Nama Malela sendiri berasal dari nama tokoh masyarakat sekitar, yaitu Prabu Taji Malela. Makam tokoh ini bisa ditemui di atas tebing sebelah kanan curug. Tebing yang konon usia bebatuannya ini berkisar 5 hingg 10 juta tahun ini, terbentuk akibat letusan  purba yang dulu banyak terdapat di selatan Bandung.

[spoiler]

Curug Malela (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

3. Curug Jompong
Curug Jompong ini berada di Jalan Balakasep Kaler, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Curug ini sebenarnya sangat indah, namun sampah-sampah yang membuatnya menjadi kotor. Belum lagi adanya wacana pemangkasan curug jompong untuk mengatasi banjir cilencang yang kerap terjadi menjadi Curug satu ini sering terabaikan.

 

[spoiler]

Curug Jompong (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. Curug Cinulang

Curug ini terletak di perbatasan Kab. Bandung & Garut, dekat dengan Cicalengka, Kab. Bandung dan tepatnya di Desa Sindulang,Sumedang.Saking Indahnya, keindahan panorama Curug Cinulang ini pernah diabadikan dalam sebuah lagu pop Sunda karya Yayan Djatnika berjudul “Curug Cinulang”.

 

[spoiler]

Curug Cinulang (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

5. Curug Penganten
Curug Panganten berada di daerah Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Curug Panganten berada di ketinggian 1050 m dpl dan memilki ketinggian terjunan air sekitar 50 meter dengan jatuhnya air terlihat seperti kristal berkilauan ditimpa sinar matahari.  Curug Panganten berada di wilayah wisata alam katumiri. Tempat wisata ini berada di Jalan Raya Cihanjuang KM 5,56.

Sebelumnya Curug Panganten ini bernama Curug Manglayang, tapi karena peristiwa sesuatu yang menjadi kepercayaan masyarakat disini (sepasang penganten mati bunuh diri dengan terjun atau versi lain hanyut oleh arus curug yang deras), maka curug ini dinamakan Curug Panganten.(**)

 

[spoiler]

Curug Penganten (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber : infobdg.com, old.uniknya.com, September 2012

One Response to 5 Air Terjun Yang Indah di Bandung (Bagian I)

  1. Saya suka yang Curug Malela

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com