Upacara Pembukaan Pesta Olahraga yang Gagal

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, atau ada juga yang mengatakan kegagala merupakan bagian dari sebuah perjalanan menuju kesuksesa. Namun bagi sebagian orang kegagalan adalah hal yang memalukan, meski hanya dia sendiri yang mengetahui dan memikirkannya. Seperti yang terjadi di dalam pembukaan pesta olahraga bertaraf internasional berikut ini. Namun semangat yang dicerminkan melalui sportifitas tetap akan menyala. Beberapa kejadian yang terlihat di dalam video ini ada yang terlihat lucu, mengerikan, dan memalukan. Namun semua tergantung sikap Anda dalam menyikapi sebuah kegagalan.

 

1. Olimpiade Seoul 1988  (Burung Merpati Terbakar)

 

[spoiler]

 

[/spoiler]

 

Ketika seluruh mata dunia menatap dan mencermati Korea Selatan sebagai tuan rumah penyelenggara pesta olahraga Olimpiade pada 1988, ternyata sebuah peristiwa memalukan harus terjadi di dalam upacara pembukaan. Peristiwa memalukan itu terjadi di puncak acara pembukaan yakni menyalakan obor olimpiade utama, para pembawa obor sepertinya memang melihat kondisi dan situasi –banyak burung yang sedang bertengger di atas obor, namun mereka tetap menyalakan obor tersebut. Dan konstan saja burung merpati yang berada di atas obor tersebut terbakar.

 

2. Olimpiade Musim Dingin Vancouver 2010  (Tidak Sesuai Rencana)

 

[spoiler]

[/spoiler]

 

Peristiwa ini hampir serupa dengan yang terjadi di Olimpiade Seoul 1988, namun yang terjadi di Olimpiade Vancouver pada 2010 sedikit berbeda. Kejadian ini diawali ketika obor yang dipegang oleh  olahragawan legendaris Kanada  Catriona Le May Doan (atlet ice skating),  tidak mampu menyalakan obor utama olimpiade akibat kegagalan fungsi alat. Sementara atlet-atlet pemegang obor lain berhasil membuat api utama olimpiade menyala, Catriona hanya dia memegang obornya.

 

3. Piala Dunia Amerika Serikat 1994 (Tendangan Penalti yang Gagal)

 

[spoiler]

[/spoiler]

 

Salah satu perhatian masyarakat di dunia pada 1994 adalah Piala Dunia Sepakbola yang digelar Amerika Serikat untuk kali pertamanya. Sebagaimana kita ketahui, sepak bola bukanlah olahraga yang difavoritkan oleh masyarakat Amerika Serikat, kecuali para warga Eropa dan imigran yang berasal dari luar Amerika Serikat. Meskipun demikian rakyat Amerika Serikat bisa berbangga selain memiliki tim sepak bola, mereka menjadi tuan rumah ajang bergengsi ini. Namun sayangnya sebuah kejadian memalukan terjadi di upacara pembukaan piala dunia kali ini. Saat itu penyanyi pop legendaris Diana Ross muncul dan berlari di tengah lapang sambil menyanyikan lagu resmi Piala Dunia Sepakbola. Dengan penuh semangat dan suka cita, Diana berlari untuk kemudian berhenti di titik 12 pas, untuk melakukan simulasi tendangan penalti. Namun hal yang memalukan terjadi ketika seharusnya bola tersebut masuk dan merobak jala dan membelahkan mistar gawang, namun yang terjadi adalah sebaliknya. Bola itu tidak berhasil digolkan namun gawang tetap terbelah dan Diana melewatinya untuk kemudian bernyanyi di atas panggung.

 

4. Olimpiade Pelajar 1991 di Sheffield (Obor Padam)

 

[spoiler]

Olimpiade Pelajar 1991 di Sheffield (Obor Padam) (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

Pesta olahraga internasional yang melibatkan pelajar ini merupakan salah satu ajang untuk memperlihatkan bakat dan kemampuan para atlet muda dunia.  Namun yang terjadi pada 1991 di Sheffield, Inggris, sebuah peristiwa memalukan terjadi di acara pembukaan. Ketika itu astronot perempuan pertama Inggris, Helen Sharman,  yang baru saja kembali dari stasiun luar angkasa Mir. Setelah menerima obor, Helen diharuskan untuk sedikit berlari menuju obor utama. Namun malang, ketika itu ia tersandung menjatuhkan bara yang menyala di atas obor hingga berserakan di karpet merah. Namun demikian, ia tetap melanjutkan  untuk berlari dambil membawa obor yang telah padam, dan obor semangat olahraga tetap menyala mesti tidak terlihat. (**)

 

Sumber: life.com, old.uniknya.com, September 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com