Wow, Kecoa Mata-Mata James Bond

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Dilaporkan beberapa ilmuwan sedang mengerjakan sebuah proyek yang melibatkan serangga pengerat, kecoa, untuk dijadikan sebagai alat pengintai jarak jauh. Kecoa ‘cyborg’ itu dipasangi rangkaian elektronika untuk dapat menerima frequensi radio yang memerintahkannya untuk bergerak dan melakukan sebuah pengintaian. Bukan hanya itu, tubuh kecoa pun dipasangi oleh dinamo dan gerakannya diatur sedemikian rupa agar terlihat natural. Tentu saja teknologi yang dipasangkan ke dalam tubuh kecoa ini berukuran mikro, sehingga beratnya pun sangat ringan, 0,7 gram.

 

Kecoa Mata-Mata James Bond (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

Tubuh kecoa ‘cyborg’ ini dilengkapi camera video dan sensor lainnya, agar sesuai dengan tugasnya sebagai pengintai.

“Tujuan proyek ini adalah untuk membuat sebuah alat biologi robot (robot biologi) yang digerakan secara nirkabel, kuat dan dapat menyusup ke ruang-ruang kecil,” ucap Alper Bozkurt, seorang asisten profesor di bidang tehnik elektronika di NC State.

‘Ultimately, we think this will allow us to create a mobile web of smart sensors that uses cockroaches to collect and transmit information, such as finding survivors in a building that’s been destroyed by an earthquake.

“Pada akhirnya, kami berpikir biobotik ini akan memudahkan kami untuk menyusun mobilitas, sesuai informasi yang kami dapatkan dari kecoa pengintai ini. Untuk menyelamatkan para korban yang terjebak dalam sebuah reruntuhan gedung akibat goncangan gempa bumi,” tambahnya. (**)

Sumber: dailymail.co.uk, old.uniknya.com, September 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com