5 Perseteruan Musisi Dunia

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Perseteruan di antara selebritas kadang memang asyik untuk diikuti, meski terlihat naif namun media massa menjadikan dan menciptakan perseteruan mereka sebagai kacang rebus yang laku dijual dipasaran. Berita-berita gosip skandal perselingkuhan, perseteruan kepentingan, perceraian bahkan desas-desus kematian para selebritas tidak saja dinikmati oleh para remaja, bahkan para orangtua pun turun menikmatinya apapun jendernya. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 perseteruan musisi di dunia:

 

 

1. Neil Young vs. Lynyrd Skynyrd

Perseteruan ini diawali oleh sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Ronnie Van Zant, ia mengritik beberapa lagu yang terdapat di dalam album ‘Harvest’ (1972) milik Neil Young. Menurutnya gaya Neil Young di album yang terlalu banyak mengupas dan membahas permasalahan klasik seperti perbudakan dan penyiksaan ras yang terjadi di kawasan Selatan Amerika –yang terkenal memiliki kehidupan keras bagi kaum kulit htam. Ronnie merasa Neil Young terlalu banyak menggambarkan orang-orang baik dengan keadaan yang buruk. Bahkan Ronnie mengabadikan ‘makian’nya secara intelek, yakni melalui baris ‘ don’t need him around anyhow’ dalam lagu ‘Sweet Home Alabama’ (1974). Neil menyadari apa yang telah dilakukan oleh Ronnie Van Zant terhadapnya, namun perseteruan intelektual ini tidak berlanjut secara fisik ataupun hukum seperti yang banyak dilakukan oleh musisi di zaman sekarang ini. Keduanya saling memperlihatkan rasa hormat, bahkan di suatu pertunjukkan Neil Young menyanyikan ‘Sweet Home Alabama’, meski ia tahu lagu itu memiliki lirik yang memakinya.

 

[spoiler]

Neil Young vs. Lynyrd Skynyrd (sumber:blogspot.com)

 

 

[/spoiler]

 

2. Gene Simmons vs. Carlos Santana

Seperti dewa gitar musik latin Carlos Santana ini sedikit sentimen yang membuat Gene Simmons (KISS) gerah dan geram. Hal ini Santana lakukan pada 2005, ia mengatakan bahwa “Mereka (KISS) merupakan kumpulan penghibur (entertainer). Mereka adalah penghibur yang mengisi acara regular di Las Vegas, sehingga mereka tidak tahu apa artinya musik. Karena itu pula mereka menggunakan kostum dan make-up seperti itu.” Awalnya Gene Simmons tidak terlalu menanggapi pernyataan Santana tadi, namun dua tahun setelahnya keluarkan pernyataan dari bibir Gene yang sama pedasnya.

Gene mengatakan pendapat pribadinya terhadap KISS, “Aku muak dan lelah berada di band ini, seperti Carlos Santana yang memandangi sepatunya dan berpikir ia bermain dalam konser musik rock. Turun dari panggung sajalah,” ucapnya.

 

[spoiler]

Gene Simmons vs. Carlos Santana (sumber:blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

3. Vivian Campbell vs. Ronnie James Dio

Walaupun mereka pernah membuat rekaman yang hebat bersama di awal 80-an, gitaris Def Leppard Campbell dan Ronnie James Dio, bukanlah orang bersahabat satu sama lain. Beberapa tahun sebelum kematiannya, Dio pernah mengucapkan secara jelas bahwa Campbell adalah lelaki yang brengsek dan tak berguna. Meskipun Campbell menyesali telah membalas Dio dengan pernyataan, “Dio adalah salah satu penjahat yang ada di dalam industru musik.”

Kedua pernyataan kedua memang lebih mengenai antara seorang vokalis dan gitaris yang pernah berada di dalam satu band. Bahkan persitiwa yang terjadi di antara keduanya adalah akibat ulah Dio.

“Aku tidak membubarkan band itu. Merekalah yang mengeluarkan aku dari band. Namun aku bangga dengan apa yang pernah kami lakukan selama bertahun-tahun, dan Ronnie mencoba menyingkirkan aku dalam kenangan tersebut.”

 

[spoiler]

Vivian Campbell vs. Ronnie James Dio (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. Sammy Hagar vs. David Lee Roth

Perseteruan antara kedua vokalis dan mantan vokalis Van Halen ini tidak hanya melibatkan adu mulut yang kasar, bahkan adu jotos pun terjadi. Perseteruan mereka terjadi di era 80’an, keduanya terlibat secara verbal, ia mengatakan bahwa Haggar tidak lebih baik dari seorang nenek sihir yang ada di dalam film ‘Bewitched’ dan bersumpah tidak akan menghormati sosok Hagar. Bahkan keduanya tidak pernah menyanyikan masing-masing lagu yang dinyanyikan di panggung bersama Van Hallen.

Namun bagaimanapun Hagar lebih kuat dan tangguh dalam membuktikan siapa yang terbaik di antara mereka

 

[spoiler]

Sammy Hagar vs. David Lee Roth (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

5. Oasis vs. Blur

Dari daratan Inggris, perseteruan antara Oasis dan Blur lah yang paling popular di era 90’an, terlebih media massa di Inggris selalu membandingkan siapa saja yang terbaik di antara mereka dengan cara yang provokatif. Kedua band yang mengusung genre Brit Rock dan Pop tersebut memang memiliki latar belakang sosial yang kontras satu sama lain. Blur merupakan kumpulan pemuda pinggiran yang bersekolah di London School Art, sementara Oasis merupakan kumpulan pemuda kelas menengah di Manchester yang doyan minum bir dan tidak asing dengan perkelahian. Bahkan di tahun 1996, Noel Gallagher mengatakan bahwa semoga Damon Albarn dan Alex James mengidap AIDS dan mati. (**)

[spoiler]

Oasis vs. Blur (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber: difuse.fm, old.uniknya.com, September 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com