Hiiih..!! Festival Aneh yang Digelar Jelang Kematian Seseorang

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Jika festival identik dengan suka cita, tapi ternyata ada juga perayaan yang diselimuti rasa duka. Di Las Nieves, Galicia, sebuah kota kecil yang terisolir di sebelah barat laut Spanyol terdapat sebuah festival yang terbilang tidak biasa. Namanya adalah La Fiesta de Santa Marta de Ribarteme, ini adalah festival yang digelar setahun jelang kematian seseorang.

 

 

La Fiesta de Santa Marta de Ribarteme (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

Festival ini sudah menjadi bagian dari kebudayaan lokal. Siapa saja yang merasa dalam setahun kedepan akan dicabut nyawanya bisa menjadi peserta dalam perayaan ini. Mereka yang mendaftar kemudian akan diusung di dalam peti mati tanpa ditutup, lalu diangkat dan diarak keliling Kota Las Nieves.

Suasana duka jelas sangat terasa dalam acara yang rutin dilaksanakan pada tanggal 29 Juli ini setiap tahunnya. Keluarga dan kerabat orang yang diarak di dalam peti mati tersebut tampak sangat sedih sambil ikut mengusung keliling kota. Peserta terus diarak hingga sampai pada Saint Marta de Ribarteme, patung pelindung kebangkitan di tengah kota.

Banyak yang menilai bahwa festival ini tidak layak untuk dilangsungkan. Alasannya karena dalam perayaan ini manusia dianggap melebihi kuasa Tuhan akan kematian. Para pemuka agama di Las Nieves sebenarnya sudah melarang La Fiesta de Santa Marta de Ribarteme, tapi kepercayaan masyarakatnya yang sangat kuat mengalahkan teori-teori agama.

Walaupun pro dan kontra bermunculan, La Fiesta de Santa Marta de Ribarteme tetaplah festival yang menarik untuk disaksikan. Buktinya, ribuan orang selalu berkumpul di tepi jalan untuk menyaksikan rangkaian acara tersebut. (**)

Sumber : odditycentral.com, old.uniknya.com, September 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com